Turkiye, Swedia dan Finlandia akan Gelar Pertemuan Bahas Aksesi NATO

Brussel, MINA – Turkiye, Swedia, dan akan menggelar pertemuan untuk membahas aksesi NATO dari dua negara Nordik pada Maret depan, ketua aliansi mengumumkannya, Jumat (24/2).

Sekretaris Jendral berbicara saat konferensi pers bersama Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dan Presiden Komisi Eropa von der Leyen di Tallinn, Estonia. Middle East Monitor melaporkannya.

Stoltenberg mengatakan pihaknya melakukan diskusi yang baik dengan Presiden Erdogan saat kunjungannya ke Ankara pekan lalu.

“Kami sepakat untuk memulai kembali pembicaraan dan mengadakan antara Finlandia, Swedia dan Turkiye di markas NATO pada pertengahan Maret di bawah naungan saya,” jelasnya.

Para pihak akan membahas “bagaimana menyelesaikan proses aksesi” dari kedua negara.

Stoltenberg juga menyambut baik parlemen Hongaria akan memulai proses meratifikasi protokol aksesi kedua negara pekan depan.

Dia mencatat ini menjadi proses aksesi tercepat dalam sejarah modern NATO, sejak Swedia dan Finlandia mengajukan keanggotaan pada Mei tahun lalu.

“Hal yang terpenting bukan apakah Finlandia, Swedia bergabung tepat pada waktu yang sama. Hal yang terpenting mereka bergabung secepat mungkin,” tegas Stoltenberg.

Dia juga menegaskan kedua negara berada “di tempat yang sama sekali berbeda” dan telah membuat kemajuan besar dalam mengintegrasikan ke dalam struktur sipil dan militer NATO.(T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)