UAR Korda Brebes Ikuti Apel Siaga Hadapi Dampak El-Nino

Personel UAR bersama Camat Sirampog Rade Andriana Younansyah, Kapolsek dan Danramil Sirampog usai kegiatan apel siaga penanggulangan dampak El Nino (Foto: Zaenal MINA)

Brebes, MINA – Ukhuwah Alfatah () Kordinator Daerah (Korda) Brebes, Jawa Tengah, turut serta dalam kegiatan Gelar Sinergitas dalam Pencegahan dan Penanganan Dampak , di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jumat (1/9).

UAR mengambil bagian aktif dalam apel tersebut dan siap memberikan bantuan serta dukungan dalam penanggulangan bencana dampak dari El Nino.

Apel gelar pasukan sinergitas yang digelar di halaman kantor Kecamatan Sirampog ini dipimpin langsung Camat Sirampog Rade Andriana Younansyah. Dihadiri Kapolsek Sirampog, Danramil Sirampog, Asper Pergutani BKPH Paguyangan, BPBD dan sejumlah relawan.

El Nino yang merupakan perubahan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik, dapat menyebabkan curah hujan yang rendah dan suhu udara yang tinggi. Dampaknya serius dapat terjadi pada pertanian, sumber mata air, dan lingkungan, tak terkecuali wilayah Kecamatan Sirampog.

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

“Oleh karena itu, apel pasukan ini diadakan sebagai langkah awal menyiapkan petugas dan relawan untuk kesiapan menghadapi dampak negatif yang mungkin terjadi,” kata Rade.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, peserta apel mendapat arahan tentang langkah-langkah pengurangan risiko, dan kesiapan untuk penanganan bencana. Termasuk sosialisasi pada masayarakat dan pengawasan kawasan hutan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

“Kita harus menyiapkan rencana untuk sosialisasi kepada warga agar menjaga jangan sampai terjadi kebakaran baik di pemukiman maupun hutan,” ujar Rade.

Masih menurut Rade, pentingnya memahami kesiapsiagaan menghadapi perubahan cuaca ekstrem seperti El Nino. Dengan kerjasama dari berbagai pihak, dapat mengurangi dampak negatifnya dan melindungi masyarakat serta lingkungan.

Baca Juga:  Dijegal Irak, Timnas Indonesia U-23 Masih Berpeluang Ikut Olimpiade di Paris

Pada apel gelar pasukan dilakukan itu pula dilakukan pemeriksan alat perlengkapan untuk penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya.

“Semoga adanya kesiagaan baik peronel maupun peralatan dapat meminimalkan dampak buruk dan melindungi kesejahteraan masyarakat setempat dalam menghadapi fenomena El Nino,” pungkasnya. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.