Universitas Teuku Umar Miliki Pusat Studi Pisang Kelas Dunia

 

(Foto: Humas Kemristekdikti)

 

Meulaboh, Aceh Barat, MINA – Di lingkungan Universitas Teuku Umar (UTU) sedang dikembangkan University Farm yang salah satu fungsinya adalah sebagai pusat pendidikan, pengembangan dan penelitian  pohon pisang kelas dunia.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) melakukan kunjungan ke kampus UTU di Meulaboh dalam agenda kuliah umum dan penanaman perdana pohon pisang yang dilakukan Gubernur Irwandi Yusuf dan Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Yasman Ma’aruf, di kampus UTU Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Ahad (5/11).

“Dengan adanya University Farm ini dapat mengembangkan pendayagunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang lebih inovatif dan mampu meningkatkan produktivitas industri, serta perekonomian masyarakat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Aceh dan Indonesia,” kata Menristekdikti sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA.

Baca Juga:  Komisi X DPR Minta Pemerintah Evaluasi Kurikulum Merdeka, UKT, Hingga Kesejahteraan Guru-Dosen

Kebun pisang seluas 9,3 hektar tersebut akan dikelola oleh mahasiswa sebagai kebun pendidikan, pengembangan dan penelitian, sekaligus menjadi lahan representatif untuk pengembangan bermacam varietas lokal maupun nasional di Aceh.

Rektor UTU Jasman menjelaskan, sampai hari ini UTU memiliki 36 jenis koleksi pohon pisang dari seluruh Aceh, ke depan menmurutnya akan dikembangkan koleksi pisang dari seluruh nusantara, serta dunia.

“Pengembangan pohon pisang ini harus didukung penuh oleh Pemerintah, kemudian juga Kemenristekdikti agar dapat terealisasi dengan baik. UTU dapat menjadi referensi serta pengembangan riset. Bagi para profesor dan doktor dari belahan dunia yang ingin meneliti pisang, dapat belajar di UTU,” tutup Jasman. (R/R09/P1)

Baca Juga:  Hardiknas, Fahmi Alaydroes: Selamat Hari ‘Keprihatinan’ Pendidikan Nasional

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.