Sandi Targetkan Jakarta Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia Tahun 2022

Jakarta, MINA – Wakil Gubernur (Wagub) Sandiaga Uno menargetkan ibu kota meraih predikat destinasi wisata halal pada 2022.

“Target sudah jelas, menghadirkan satu juta wisatawan halal lima tahun ke depan,” ujar Wagub Sandi saat membuka acara Temu Bisnis Wisata Halal Ketiga 2018 di Jakarta, Sabtu (2/6).

Menurutnya, jika target itu tercapai, akan ada potensi pemasukan sebesar Rp 30 triliun – Rp 40 triliun. Sandi mengaku ingin mengalahkan Nusa Tenggara Barat dalam predikat itu.

Insya Allah pasti bisa. Kami punya 40 ribu lebih kamar hotel. 40 ribu di Jakarta. Ada 5 ribu lebih masjid dan mushalla. Sekitar 17 ribu makanan minuman bersertifikat halal,” kata Sandi.

Selain itu, Jakarta memiliki 200 destinasi wisata dan 170 pusat perbelanjaan.

Sandi juga meminta kepada semua pengusaha dan agen perjalanan agar mendukung wisata halal.

Berdasarkan data dari Global Islamic Economi Report 2015-2016, lima negara yang menjadi Halal Travel Indicator yakni, Malaysia, Uni Emirat Arab, Singapura, Thailand, dan Yordania. Dalam hal ini, Indonesia masih tertinggal.

Sandiaga pun meminta semua jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh pariwisata halal di tempat masing-masing. Banyak lokasi-lokasi yang memiliki potensi menjadi destinasi wisata halal.

Sandiaga mengatakan hampir semua wilayah Jakarta memiliki tempat yang cocok. Misalnya seperti Masjid Luar Batang di Jakarta Utara, Pulau Macan di Kepulauan Seribu, dan Setu Babakan di Jakarta Selatan.

“Kita harus memanfaatkan peluang yang ada. Ini menjadi tantangan kita untuk meningkatkan sektor pariwisata. Sejumlah destinasi wisata seperti, kawasan Kota Tua, Kepulauan Seribu, dan Setu Babakan dapat ditambahkan dengan konsep wisata halal,” ujarnya.

Acara kopi darat yang digelar Halal Travel Konsorsium (HTK) dan Asosiasi Travel Wisata Halal Indonesia (ATHIN) ini dihadiri lebih dari 500 pelaku bisnis wisata halal dari seluruh nusantara dan beberapa perwakilan negara sahabat seperti Maroko, Uzbekistan, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, Turki, dan Cina.

Selain Wagub Sandi, acara ini dihadiri juga Asdep Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kemenpar Oneng Setya Harini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Reza Artha, Ketua ATHIN Bambang Halilintar, Founder HTK Cheriatna, Ketua HTK Ananto Pratikno.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0