WALIKOTA VENELLES PERANCIS LARANG AGAMA ISLAM DI KOTANYA

robert chardon twitter
Walikota Venelles, Perancis Robert Chardon (Twitter)

Venelles, Perancis, 28 Rajab 1436/17 Mei 2015 (MINA) – Walikota Venelles, sebuah kota kecil di sebelah tenggara Perancis, pada akun Twitternya @RobertChardon, berkicau, “Kita harus melarang agama Islam di Perancis.”

Robert Chardon walikota Venelles, sebuah kota dekat provinsi Aix-en dengan populasi sekitar 8.000 penduduk. Dia juga perwakilan dari partai Union for a Popular Movement, salah satu partai terbesar di Perancis pimpinan mantan presiden Perancis Nicolas Sarkozy.

Kamis lalu (14/5) ia mengirim beberapa tweet dengan pesan anti-muslim. “Kami juga membutuhkan pihak keamanan untuk mengirim Muslim ke negara-negara di mana agama Islam dipraktikkan,” katanya dalam tweet-nya, Anadolu Agency memberitakan.

Dia juga mengatakan hukum Perancis tahun 1905 tentang jaminan kebebasan beragama, harus dihapuskan dan negara harus mempromosikan praktik agama Kristen.

Chardon pun berencana akan memulai kampanye anti-Islamnya setelah nanti ia sembuh dari sakitnya. Saat ini ia sedang dirawat karena menderita penyakit kanker mulut.

Dia juga mengatakan kepada harian Prancis Le Monde, ide itu datang pada saat ia dalam masa perawatan di rumah sakit.

“Itu adalah satu-satunya solusi untuk sebagian besar masalah di Perancis,” katanya.

Dia juga mengirim dua tweet kepada mantan presiden Perancis Sarkozy untuk mendapatkan sahutan darinya

Menurut hukum di Perancis, Chardon bisa saja dituntut atas pernyataannya itu.

Abdallah Zekri, Presiden Observatory Against Islamophobia mengecam pernyataan Chardon yang menggambarkan sebagai ucapan yang tidak dapat diterima dan juga sebagai pelanggaran hukum sekularisme Perancis yang memberikan warga kebebasan berkeyakinan.

“Ini tidak pantas bagi seorang Walikota, ia tidak tahu apa-apa tentang Islam, tetapi mengatakan seperti itu,” tambah Zekri.

Dia juga mendesak kepada pemerintah Perancis dan juga Sarkozy untuk bertindak mengenai penyataan walikota itu.(T/roy/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0