Wapres KH Ma’ruf Amin : Konferensi Internasional MUI Perkuat Posisi Umat Islam di Tingkat Global

Foto: Sajadi/MINA

Jakarta, MINA – Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin berharap Konferensi Internasional tentang agama, perdamaian, dan peradaban yang digagas Majelis Ulama Indonesia () dapat meningkatkan perdamaian dan memperkuat posisi umat di tingkat global.

“Saya berharap Konferensi Internasional ini dapat melahirkan kesepakatan dan rekomendasi yang akan semakin meneguhkan posisi umat Islam dalam kancah internasional, demi terwujudnya perdamaian dan tegaknya muruah kemanusiaan,” ujar Wapres dalam Konferensi yang digelar di Jakarta, Senin pagi (22/05).

Untuk itu, Wapres berharap para ulama ataupun tokoh agama di dunia dapat mengambil bagian dalam menyusun tatanan global demi terwujudnya dunia yang lebih adil dan damai.

“Selain itu menjadi sosok pencerah dan penerang dalam menyelesaikan persoalan global, terutama terkait konflik, perang dan kerusakan lingkungan,” jelas Ma’ruf Amin.

Baca Juga:  Menlu Retno Bahas Persiapan Evakuasi WNI di Timur Tengah

Sebelumnya, Ketua Komite Pelaksana Konferensi Internasional Safira Machrusah mengatakan, MUI dalam menyelenggarakan Konferensi Internasional tentang agama, perdamaian, dan peradaban ini bekerja sama dengan Liga Muslim Dunia.

Sebanyak 300 peserta dari 20 negara hadir dalam acara tersebut, termasuk ulama atau tokoh agama dari Palestina, Rusia, Ukraina, dan Amerika Serikat.

Sementara pimpinan lembaga kemanusiaan yang fokus pada pembelaan Palestina dan Masjid Al-Aqsa, Aqsa Working Group (AWG) juga hadir dalam konferensi yang digelar selama tiga hari tersebut.

Rencananya, konferensi tersebut akan menghasilkan kesepakatan bersama “Deklarasi Jakarta” yang akan diluncurkan, Selasa (23/5). (L/RE1/RS)

Kantor Berita Mi’raj (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Chamid Riyadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.