Wapres Ma’ruf Amin Berharap Indonesia Jadi Pusat Halal Dunia

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan pembukaan the State of Global Islamic Economy (SGIE) Report 2020/2021 pada Selasa (17/11).

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berharap Indonesia dapat menjadi pusat produsen halal dunia, menyusul kenaikan peringkat Indonesia di the State of Global Islamic Economy (SGIE) Report 2020/2021 dari urutan ke lima pada¬† 2019 menjadi urutan ke empat di tahun 2020.

“Kenaikan peringkat ini harus kita maknai dengan tetap melanjutkan dan memperkokoh ekonomi Islam Indonesia, sehingga dapat menjadikan Indonesia produsen halal dunia,” ujar Ma’ruf Amin Saat meresmikan pembukaan SGIE Report 2020/2021 pada Selasa (17/11).

Ia mengatakan, kenaikan peringkat itu tidak hanya karena besarnya konsumsi halal Indonesia tapi juga peranan inovasi di bidang ekonomi Islam, baik dari sektor keuangan, makanan, pariwisata, fesyen, kosmetik dan farmasi serta media rekreasi, dimana menurut Islamic Global Indicator, Indonesia menduduki peringkat ke-10 dari masing-masing sektor itu.

Indonesia juga dianggap telah menumbuhkan ekosistem ekonomi Islam melalui berbagai insentif yang mempermudah dunia industri dan investasi di bidang infrastruktur, produk dan jasa halal.

“Saya berharap capaian ini memberikan optimalisasi untuk menggerakkan ekonomi Islam secara global maupun nasional di akhir tahun 2021 atau bahkan lebih cepat,” katanya.

Ia mengatakan, dengan sinergi dan kolaborasi yang kuat dapat mewujudkan visi Indonesia sebagai global-hub ekonomi syariah dan industri halal dunia serta menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber perekonomian baru pasca Pandemi dapat segera terwujud.

Ia juga berharap melalui SGIE 2020/2021 dapat memperluas kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, serta membuka peluang investasi dan pemasaran produk dan jasa halal Indonesia ke pasar global.

Terakhir, Ma’ruf mengajak para pemimpin negara anggota OKI untuk saling menguatkan kerjasama dalam memulihkan kembali ekonomi dunia serta membangun ekonomi dan keuangan syariah untuk kemajuan bersama. (L/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)