Yayasan Sri Mukti Cilacap Gandeng Koperasi HIMABA RI Siap Hadirkan SMK Pariwisata Berbasis Pesantren

Ketua Umum HIMABA RI Windu Priyo Wibowo Muchrim (empat dari kiri) bersama pengurus Yayasan Pendidikan Sri Mukti Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020).(Foto: Istimewa)

Cilacap, MINA – Yayasan Pendidikan Sri Mukti menggandeng Koperasi HIMABA RI guna menjalin sinergitas dalam rangka membangun ekonomi kerakyatan.

Hal tersebut dikemukakan dalam pertemuan antara pengurus Yayasan Pendidikan Sri Mukti dengan pimpinan Koperasi HIMABA RI Pusat bersama beberapa pengurus cabang Cilacap di Gedung SMA/SMK Pariwisata Sri Mukti Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (13/3).

Ketua Umum HIMABA RI Windu Priyo Wibowo Muchrim menjelaskan, pertemuan tersebut juga menghasilkan kesepakatan kedua pihak akan mendirikan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) berbasis pesantren dengan program studi pariwisata bernama Nur Hakim Tourism Boarding School di gedung berlantai empat tepatnya di Jalan Bawean No. 293 Cilacap, Jawa Tengah itu.

Dia menegaskan, program bersama Yayasan Sri Mukti dengan Koperasi HIMABA RI ini untuk mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cilacap, utamanya dalam hal membangun kualitas sumber daya manusia di Cilacap. juga mendukung kemajuan perekonomian UMKM dan pada sektor pariwisata serta perhotelan di wilayah tersebut.

“Saat ini kan tren wisata religi. jadi, tepat jika bisa membuat program studi pariwisata SMK berbasis pesantren. Kami mohon dukungan dan doa restu, khususnya dari sedulur-sedulur masyarakat Cilacap. Semoga dapat segera terealisasi guna mewujudkan masyarakat Cilacap bercahaya dan bersinar, bersih dari Narkoba,” ujar Windu.

“Pertemuan tersebut sebagai agenda silaturahmi sekaligus melaporkan dan mohon dukungan terkait rencana Program Kerja Yayasan Sri Mukti bersama Koperasi HIMABA RI menjalin Kerjasama dengan STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Trisakti Jakarta, siap mendukung dan melaksanakan program Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap,” tambahnya.

Dia menjelaskan, sebenarnya Yayasan Pendidikan Sri Mukti Cilacap saat ini memiliki SMA/SMK Pariwisata sebagai pelopor SMIP/SMK Pariwisata pertama di Jawa Tengah. Yayasan tersebut diresmikan oleh salah seorang tokoh Wong Cilacap yakni, Almarhum Soesilo Soedarman yang saat itu menjabat sebagai MENPARPOSTEL (Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi) pada 1989 lalu.

Rencananya, menurut Windu di kampus SMA/SMK Pariwisata Sri Mukti Cilacap ini tentu akan lebih baik menjadi SMK parieisata berbasis pesantren dengan nama Nur Hakim Tourism Boarding School.

“Sekarang, yayasan ini menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi swasta ternama STP Trisakti Jakarta. Ini dalam rangka membantu Pemerintah terutama membangun SDM yang berkualitas di bidang pariwisata dan perhotelan di wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap Jateng,” pungkasnya.

Windu mengharapkan, dengan hadirnya sekolah ini tidak hanya dapat menjadi lembaga untuk mendidik dan membimbing siswa menjadi terampil, namun juga memiliki karakter yang religius dan tangguh.

Pada hari yang sama, selanjutnya Ketua Umum HIMABA RI Windu Priyo Wibowo Muchrim bersama beberapa pengurus HIMABA RI Cabang Cilacap berkesempatan bersilaturahim dan diterima langsung oleh Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji di pendopo kantornya.

Koperasi HIMABA RI sendiri lahir dari gerakan Himpunan Masyarakat Anti Narkoba Republik Indonesia (HIMABA RI). HIMABA RI adalah salah satu mitra kerja Badan Narkotika Nasional (BNN) yang membantu dalam upaya mensosialiasikan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

HIMABA RI telah menjalin kerjasama dengan Kantor Berita MINA sejak 2015 lalu.(L/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)