ZCorner BAZNAS Diharapkan Jadi Prototipe Pengembangan UMKM

Purwakarta, MINA – Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berharap konsep ZCorner inisiasi dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI dapat menjadi prototipe atau percontohan pengembangan UMKM di Indonesia.

“Mudah-mudahan ini (ZCorner) akan menjadi prototype dari pengembangan UMKM kita kedepannya. Kita menyadari betul bahwa UMKM ini menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional kita yang utama,” ujar Staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM Bidang Hubungan antar Lembaga Muhammad Riza Damanik dalam acara peresmian ZCorner di Rest Area KM 72A tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (17/2).

Konsep ZCorner merupakan upaya kolaboratif untuk mengumpulkan UMKM binaan BAZNAS dan produk UMKM lainnya sebagai produk oleh-oleh yang telah mendapatkan sertifikasi halal dalam satu lokasi pemasaran.

Baca Juga:  [POPULER MINA] Israel Kalah, Kurban, dan Beasiswa Timur Tengah

Riza menyebut, salah satu prioritas Kementerian Koperasi saat ini adalah mengembangkan UMKM berbasis pada klaster-klaster bukan individual.

“Bayangkan sekarang kita punya 64 juta pelaku UMKM kalau 64 juta itu didampingi satu-satu, mungkin 100 tahun Indonesia kita belum jumpa yang 64 juta itu. Maka kita sekarang kembangkan kluster-kluster,” ujarnya.

Maka dari itu, lanjut Reza, salah satu faktor yang sangat mungkin untuk dikembangkan adalah kluster Rest Area.

Kementerian Koperasi sendiri telah memberikan afirmasi agar 30 persen dari infrastruktur publik, yang salah satunya Rest dapat Area dimanfaatkan untuk jualan produk-produk UMKM.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua BAZNAS RI, KH. Noor Achmad mengatakan, ZCorner adalah bentuk kolaborasi baik antara rest area, pemilik, mustahik sekitar dan UMKM, sehingga apa yang sudah dilakukan akan direplikasi dan dikembangkan di tempat lain.

Baca Juga:  Imam Yakhsyallah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Shuffah Mranggen

BAZNAS berupaya memperkenalkan konsep inovatif melalui ZCorner yang bukan hanya sekadar sebuah program, tapi juga sebuah visi untuk membantu UMKM, sebagai salah satu tulang punggung ekonomi masyarakat rentan melalui pemasaran yang terorganisir, bertema Zona Halal.

Zona Halal di Rest Area KM 72 A juga sebagai proyek percontohan yang akan mendorong pemasaran usaha ZCoffee, ZMart, dan ZChicken oleh mustahik binaan BAZNAS yang berkolaborasi dengan UMKM binaan Rest Area, binaan BAZNAS Kab. Purwakarta, dan binaan BAZNAS Provinsi Jawa Barat. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi