792 CALHAJ SUDAN GUNAKAN KAPAL LAUT TIBA DI JEDDAH

Jamaah haji asal Sudan tiba di Pelabuhan Jeddah. (Foto: smc)
Jamaah asal Sudan tiba di Pelabuhan Jeddah. (Foto: smc)

Khartoum, 14 Dzulqa’dah 1435/9 September 2014 (MINA) – Sejumlah 792 calon asal Sudan berangkat ke tanah suci Mekkah menggunakan kapal laut, tiba di Pelabuhan Jedah Senin (8/9).

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Khartoum, Sidik Mustaqim melaporkan, calhaj merupakan rombongan pertama dari sekitar 25 ribu calon jamaah haji asal Sudan yang terdaftar pergi haji tahun ini.

Konsul Jenderal Kedutaan Besar Sudan di Jeddah, Khalid al-Turs, mengatakan, pihaknya menyambut rombongan calon jamaah haji di Pelabuhan Jeddah, setelah mereka menempuh perjalanan laut sekitar 15 jam.

Baca Juga:  Sudah 92% Visa Jamaah Haji Reguler Indonesia Terbit

“Pelayanan mereka mulai dari pemondokan, akomodasi, konsumsi dan lainnya, kami sediakan sebaik-baiknya. Titip salam untuk seluruh keluarga jamaah di Sudan, bahwa rombongan telah sampai dengan selamat,” ujar al-Turs.

Sementara itu, ‘Asham al-Din Khalfullah, Koordinator Umum Haji dan Umrah di mengatakan seluruh pengaturan dan persyaratan calhaj asal Sudan sudah selesai.

Selanjutnya, rombongan siap diberangkatkan ke Madinah, dan dilanjutkan menunaikan ibadah haji ke Makkah al-Mukarramah.

melaporkan juga, tahun ini terdaftar sejumlah 17 mahasiswa Indonesia di Sudan sedang dalam proses di Kedutaan Saudi Arabia di Sudan, untuk pengurusan visa sebagai pendamping (guide) jamaah haji ke tanah suci Mekkah.

Menurutnya, hingga saat ini visa tersebut belum keluar karena ada sistem baru yang ditetapkan Kementrian Agama Indonesia dan Kementerian Agama Saudi Arabia, dengan mengunakan sistem elektrik. (L/K06/P4).

Baca Juga:  Arab Saudi Umumkan Aturan Baru Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0