80 WNI dari Ukraina Tiba di Tanah Air

Tangerang, MINA – Sebanyak 80 warga negara Indonesia (WNI) yang telah berhasil dievakuasi dari Ukraina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten pada Kamis (3/3) sore.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, selain 80 WNI itu, ada 3 warga negara asing yang merupakan keluarga dari para WNI. Sehingga total yang dibawa ke Indonesia ada 83 orang.

“Pada sore hari ini sekitar pukul 17.10 WIB, pesawat Garuda Indonesia yang membawa pulang WNI dari Ukraina telah mendarat di tanah air,” ujar Retno dalam konferensi pers usai ketibaan para WNI di Bandara Soekarno-Hatta.

Namun Menlu mengatakan, masih terdapat 14 WNI yang harus tinggal di Bucharest, Rumania untuk sementara waktu karena positif virus Covid-19.

“Dari test yang dilakukan, 12 orang evacuee diketahui positif COVID-19. Sementara 2 orang lainnya, memilih tinggal di Bucharest, untuk menemani anak mereka yang positif COVID-19,” ujar Retno.

Selain itu Menlu juga memberikan update, hari ini terdapat empat
WNI lagi di kota Kharkiv yang dapat keluar dan tiba di Lviv dengan selamat.

“Sebagaimana teman-teman ketahui, Kharkiv merupakan kota terbesar kedua di Ukraina dan pertempuran masih terus berlangsung di kota tersebut,” kata Retno.

Menlu menjelaskan, perjalanan yang harus dilalui oleh para WNI sangat tidak mudah, harus melalui sejumlah pemeriksaan dan di tengah jam malam yang berlaku di Ukraina. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.