Yordania dan Qatar Rencana Buka Jalur Transportasi Laut

Amman, MINA – dan sepakat untuk membahas usulan pembukaan laut langsung antara kedua negara dengan tujuan untuk memperkuat perdagangan.

Dalam pernyataan Kementerian Perdagangan dan Industri Yordania pada Rabu (19/12), mengatakan kedua belah pihak telah sepakat untuk bertukar tim teknis untuk mengeksplorasi proposal tersebut.

Kesepakatan itu dicapai pada pertemuan antara Menteri Perindustrian Yordania Tareq al-Hamouri dan rekan sejawatnya dari Qatar, Ali bin Ahmed al-Kuwari, di sela-sela Forum Doha ke-18 yang diselenggarakan pekan ini di Ibu kota Qatar, demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA, Kamis (20/12).

Lalu lintas komersial antara Yordania dan Qatar secara tradisional masih dijalankan melalui Arab Saudi.

Namun perbatasan Salwa satu-satunya perbatasan antara Qatar dan Arab Saudi telah ditutup sejak pertengahan 2017, ketika krisis diplomatik meletus antara Doha dan blok negara-negara Arab yang dipimpin Saudi.

Para pejabat Yordania dan Qatar berharap rute maritim baru yang diusulkan ini, akan meningkatkan hubungan komersial mereka dan juga mendorong kerjasama di bidang lainnya. (T/R03/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.