Forum Jurnalis Gelar Rakernas Literasi Wakaf

Jakarta, MNA – Jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Wakaf Indonesia () menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dihadiri 50 jurnalis dari berbagai media berhimpun menyusun strategi memasyarakatkan wakaf di Indonesia, di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (7/10).

Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin dalam sambutan Rakernas Forjukafi menyampaikan, apresiasi telah mengambil peran yang belum dilakukan para jurnalis secara kolektif, yaitu meningkatkan .

“Kami mengapresiasi kepada Forjukafi telah mengambil peran dalam pengembangan sektor perwakafan di Indonesia. Saya meyakini keterlibatan para jurnalis sebagai penyedia informasi yang akurat serta mumpuni, akan mampu membangun opini publik yang positif sekaligus meningkatkan literasi masyarakat tentang wakaf,” kata Ma’ruf.

Ia berharap, hadirnya Forjukafi semakin banyak jurnalis yang memiliki pemahaman tentang wakaf. Sehingga sosialisasi tentang wakaf akan semakin meningkat dan menjangkau masyarakat lebih luas.

“Pemahaman tentang literasi wakaf ini diharapkan akan meningkat kesadaran kolektif umat untuk lebih aktif terlibat serta turut memobilisasi pengumpulan wakaf,” kata Ma’ruf.

Ketua Umum Forjukafi, Wahyu Muryadi mengatakan, bahwa Forjukafi berkomitmen tidak hanya mendorong literasi wakaf, tapi secara konkret mendorong capaian wakaf hingga mendekati potensi wakaf nasional Rp 180 triliun.

“Lewat Forjukafi, para jurnalis tidak sekadar melakukan literasi wakaf melalui penyiaran berita, namun akan melakukan aksi lewat yayasan yang telah didirikan para jurnalis di Forjukafi yaitu Yayasan Jalan Surga dengan wadah ini, potensi wakaf nasional akan kita genjarkan,” katanya.

Ia menyampaikan, Rakernas yang digelar selama 2 hari bakal disusun program kerja konkret yang dapat mendorong misi untuk meningkatkan pencapaian wakaf nasional di seluruh Indonesia.

“Kita akan kolaborasi dengan berbagai stakeholder. Termasuk juga pembentukan Forjukafi di daerah. Insya Allah gerakan ini akan menjadi gerakan besar. Kami mohon doa dan dukungan,” imbuh Wahyu.

Dalam Rakernas Forjukafi, selain Wapres turut hadir pula Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua BWI Imam Teguh Saptono, Wakil Ketua Lembaga Wakaf PP Muhammadiyah Amirsyah Tambunan, Ketua MUI Cholil Nafis dan Presiden Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (ISWAMI) Asro Kamal Rokan.(R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.