China Dominasi Indonesia Open 2024, Empat Wakilnya Juara

Ilustrasi: Pebulu tangkis nomor tunggal China, Shi Yu Qi, memenangkan Indonesia Open 2024 di Istora Senayan Jakarta, Ahad, 9 Juni 2024. (Foto: [email protected])

Jakarta, MINA – Timnas Bulu Tangkis China mendominasi gelar juara Indonesia Open 2024 di Istora Senayan Jakarta dengan menjuarai 4 nomor, sementara nomor ganda putri dijuarai oleh wakil Korea Selatan.

Partai final yang digelar pada Ahad siang (9/6) diawali oleh pertandingan nomor ganda campuran yang mempertemukan dua pasangan senegara, China, yaitu Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin menciptakan sejarah dengan keluar sebagai juara ganda campuran usai mengalahkan seniornya Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan dua gim langsung 21-11, 21-14 dalam waktu 32 menit.

Ini merupakan kemenangan pertama untuk pasangan peringkat lima dunia itu di turnamen BWF Super 1000 ini.

Baca Juga:  Fadlan Prawira Raih Medali Emas Pada 2nd SEA OWS 2024

Partandingan kedua di nomor ganda putri mempertemukan wakil China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan Baek Ha-na/Lee So-hee dari Korea Selatan.

Pada final nomor ini dijuarai oleh pasangan Baek dan Lee setelah menang dengan dua gim, 21-17 dan 21-13, menaklukkan ranking 1 ganda putri dunia yang sering melakukan kesalahan sendiri.

Hasil ini adalah gelar kedua pasangan Baek/Lee di Indonesia Open.

Pada match ketiga, wakil China Chen Yu Fei melawan unggulan teratas An Se-young dari Korea Selatan dalam final tunggal putri.

Chen menjadi juara tunggal putri setelah menang susah payah dalam tiga gim, 21-14, 14-21 dan 21-18.

Pada partai tunggal putra, Shi Yu Qi asal China melawan Anders Antonsen dari Denmark.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Jumpa Australia di Semifinal Piala AFF U-16

Pada partai ini, Shi Yu Qi menjadi wakil ketiga yang mempersembahkan juara Indonesia Open 2024 bagi China. Dia menang dalam tiga gim dengan skor 21-9, 12-21 dan 21-14.

Di pertandingan penutup pada nomor ganda putra, pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang berjumpa non unggulan asal Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee.

Secara mengejutkan, pasangan Malaysia Man Wei Chong/Kai Wun Tee justru menang di gim pertama. Namun, pasangan China melahap dua gim berikutnya.

Kemenangan Liang Wei Keng/Wang Chang 19-21, 21-16 dan 21-12, menyempurnakan dominasi China dengan menempatkan empat wakilnya di podium juara Indonesia Open 2024.

Sementara itu, tim Tuan Rumah tidak memiliki satu pun wakil di final, setelah satu-satunya wakil Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani kandas di fase semifinal ganda putra. []

Baca Juga:  Timnas Indonesia Jumpa Australia di Semifinal Piala AFF U-16

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi