Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menlu RI Lakukan Pertemuan dengan Anggota MIKTA

Widi Kusnadi - 13 jam yang lalu

13 jam yang lalu

0 Views

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan para Menlu dari anggota MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turkiye, Australia). Pertemuan ini dilaksanakan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB, New York, Amerika Serikat , Selasa (24/9).

Pertemuan Menlu MIKTA ini dilakukan untuk membahas tantangan global dan penguatan kerja sama  di bidang pembangunan berkelanjutan dan tata Kelola global,  khususnya setelah disahkannya Pact of The Future pada Konferensi Tingkat Tinggi untuk Masa Depan (Summit of the Future) pada 22 September 2024.

“Banyak pihak kini mempertanyakan relevansi dari dokumen-dokumen PBB karena terlalu besarnya gap antara komitmen dan implementasi. MIKTA dapat berperan penting dalam menjembatani gap tersebut,” ujar Menlu Retno Marsudi dalam pidatonya.

Retno Marsudi juga mengingatkan terkait multilateralisme yang tidak harus bertahan, namun juga harus bisa memberikan manfaat yang besar. Terkait hal itu, isu multilateralisme yang dimaksud adalah isu terkait perbaikan tata Kelola global dan pembangunan berkelanjutan, isu terkait pemberdayaan perempuan, perlindungan terhadap pekerja kemanusiaan, dan tentang dinamika yang terjadi di Timur Tengah.

Baca Juga: Ribuan Aktivis Berunjuk Rasa saat Sesi ke-79 Majelis Umum PBB di New York

Perlu diketahui bahwa MIKTA adalah forum yang menyuarakan berbagai solusi dan tantangan dunia sebagai “bridge builder”, forum MIKTA dibentuk pada tahun 2013 dengan keketuaan yang dipegang secara bergilir. Saat ini keketuaan MIKTA dipegang oleh negara Meksiko.[An]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Serangan Udara Terbaru Zionis Israel Bunuh Tujuh orang di Lebanon

Rekomendasi untuk Anda

Menlu Retno dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi untuk Masa Depan di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Senin (23/9/2024) (foto: Infomed Kemlu RI)
Amerika
Kesepakatan bebas Vis Diplomatik dan Dinas ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu Nepal Arzu Rana Deuba Di sela-sela High-level Week Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat, Ahad (22/9/2024) (foto: Infomed Kemlu RI).
Indonesia
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Komisioner Jenderal (Komjen) Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) Philippe Lazzarini, di sela-sela pertemuan Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat, Ahad (22/9/2024). (Foto: Infomed Kemlu RI)
Amerika
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi berpamitan dengan Komisi I DPR dalam rapat kerja terakhirnya dengan DPR RI, di Jakarta, Kamis (12/9/2024) (foto: YouTube Parlemen RI)
Indonesia
Menlu Latvia Baiba Braže (kiri) dan Menlu RI Retno Marsudi (kanan) dalam pertemuan di Jakarta, Kamis (5/9/2024) (foto: Infomed Kemlu RI)
Indonesia