Abbas bertemu Ketua Kongres Yahudi Dunia Bahas Perdamaian

Foto: MEMO

Tepi Barat, MINA – Menteri Urusan Sipil Palestina, Hussein Al-Sheikh mengungkapkan melalui akun twitternya, Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu dengan Ketua Kongres Yahudi Dunia, Ronald Lauder di Tepi Barat.

“Pertemuan itu menyusul seruan Lauder bagi warga Palestina untuk menghidupkan kembali pembicaraan damai dengan Israel,” katanya, demikian MEMO melaporkan dikutip MINA, Senin (12/10).

Di sisi lain, Kongres Yahudi Dunia mengatakan dalam sebuah pernyataan, Lauder bertemu dengan pemimpin Palestina untuk kunjungan pribadi atas undangan Abbas, membahas berbagai masalah tentang Palestina dan Timur Tengah.

Di Washington, sebuah sumber mengatakan, kunjungan Lauder tidak dikoordinasikan dengan atau atas nama pemerintahan Trump, tetapi dalam kapasitas yang sangat pribadi.

Seorang pejabat Palestina yang enggan disebut namanya mengatakan, Lauder tidak membawa pesan dari Gedung Putih. Sumber kedua Palestina mengatakan, Abbas membahas seruan yang ia buat di PBB bulan lalu, untuk konferensi perdamaian yang dipimpin PBB awal tahun depan.

Lauder, yang juga seorang pengusaha AS, pernah bertemu Abbas setahun yang lalu di New York.

Pada 15 September lalu, ia menghadiri upacara penandatanganan perjanjian  antara Israel, Uni Emirat Arab dan Bahrain di Gedung Putih untuk menjalin hubungan formal.

Lauder menyatakan harapannya, kesepakatan itu akan membawa Palestina dan Israel kembali ke pembicaraan damai, yang gagal pada tahun 2014.

Palestina telah memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintahan Trump, yang telah lama mereka tuduh sebagai pro-Israel, dan menolak langkah diplomatik negara-negara Teluk dengan Israel. (T/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.