Africa Day 2023 Teguhkan Peran Kunci Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi di Afrika

Africa Day 2023.(Foto: Rana/MINA)

Jakarta, MINA – Perwakilan negara-negara di , merayakan () ke-70 di Jakarta, Senin malam (29/5), sekaligus meneguhkan peran kunci Indonesia dalam pembangunan Ekonomi di benua tersebut.

Hari Afrika ini diperingati juga sebagai hari berdirinya Organisasi Kesatuan Afrika (Organization of African Unity – OAU) yang menjadi cikal bakal African Union atau Uni Afrika.

Duta Besar Maroko untuk Indonesia Ouadia Benabdellah dalam sambutannya menceritakan bagaimana hubungan dekat yang telah dijalin antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

Dubes Benabdellah yang juga sebagai dean Dubes kelompok negara-negara Afrika yang beranggota 54 negara itu percaya bahwa Indonesia mampu memainkan peran kunci dalam pembangunan ekonomi di Afrika.

“Kita harus bekerja sama dalam kemitraan dan solidaritas, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Afrika,” ungkap Benabdella.

Dia menambahkan, hubungan antara Afrika dan Indonesia sudah berlangsung sejak lama. Hubungan itu makin meningkat sejak Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955.

Sejalan dengan pidato Dubes Maroko, Sekretaris Menteri BUMN, Rabbin Sudrajad Hattari, juga menyerukan dukungan yang sama untuk penguatan hubungan kerja sama antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

“Sangat penting bagi kita untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang guna menghadapi tantangan global yang kompleks,” ujar Hattari.

Hari Afrika 2023 ini juga dihadiri oleh duta besar-duta besar negara sahabat, seperti Dubes Palestina, Dubes Saudi, Dubes UEA, Dubes Qatar, dan lainnya, selain pejabat pemerintah RI, hingga tokoh politik dan akademisi.

Selain itu, negara-negara di benua Afrika tersebut juga menyediakan makanan khas dari negara mereka, misalnya dari Somalia, Nigeria, Tunisia, Libya, Mauritania, Kenya, Mozambik, Afrika Selatan, Sudan, Nigeria, Tunisia, Maroko, Mesir dan Libya.

Hari Afrika adalah hari peringatan pendirian Organisasi Kesatuan Afrika (OAU) pada tahun 1963 yang diadakan setiap tanggal 25 Mei. Pada hari tersebut, pemimpin 30 dari 32 negara merdeka di Afrika menandatangani piagam pendirian OAU di Addis Ababa, Ethiopia.

Pada tahun 1991, OAU mendirikan Masyarakat Ekonomi Afrika. Tahun 2002, OAU mendirikan penggantinya, Uni Afrika. Hari Afrika bertujuan untuk merayakan kesatuan benua Afrika. (L/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.