Aktivis pro-Palestina Seluruh Dunia Serukan Aksi Global 13 Januari 2024 “Gencatan Senjata Permanen di Gaza”

London – Menanggapi yang sedang berlangsung di , organisasi-organisasi besar di seluruh dunia menyerukan “hari ” pada 13 Januari 2024 bertema “, hentikan perang di Gaza.”

Mengutip dari Jaringan Berita Quds (QNN) menyebut, inisiatif ini bertujuan untuk mendukung seruan permanen, seiring serangan Israel yang terus menghancurkan wilayah Gaza, yang terkepung.

Dengan jumlah korban terbunuh melebihi 20.000 jiwa, termasuk sejumlah besar perempuan dan anak-anak, Israel menghadapi tekanan internasional yang semakin besar untuk menghentikan serangannya.

Pada tanggal 13 Januari 2024, Kampanye Solidaritas Palestina (PSC), Koalisi Hentikan Perang, dan Sahabat Al Aqsa, yang diikuti oleh Asosiasi Muslim Inggris, Forum Palestina di Inggris, dan Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir, akan mempelopori hari global ini.
Organisasi-organisasi ini, yang dikenal memimpin protes anti-perang Irak pada tahun 2003, telah bersatu untuk mengatasi situasi kritis di Gaza.

Baca Juga:  Bangladesh, Gambia Harap Penyelesaian Cepat Kasus Genosida Rohingya di Myanmar

“Komunitas internasional gagal bertindak dengan menuntut agar Israel menghentikan serangannya dan mencabut pengepungan untuk mengakhiri pembantaian dan memastikan bantuan kemanusiaan yang mendesak dapat disalurkan ke masyarakat Gaza,” bunyi kampanye Solidaritas Palestina, yang juga dikenal sebagai PSC, dalam sebuah pernyataan awal pekan ini.

Krisis Pangan Belum Pernah Terjadi Sebelumnya di Gaza, Memerlukan Tindakan

PBB melaporkan adanya krisis pangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Gaza, sehingga memicu seruan mendesak untuk bantuan kemanusiaan. Gerakan pro-Palestina, termasuk Direktur PSC Ben Jamal dan Chris Nineham dari Koalisi Hentikan Perang, menekankan perlunya mengoordinasikan tindakan global untuk gencatan senjata permanen. Kampanye ini mendorong penggunaan tagar #CeasefireNow, #EndTheSiege, dan #FreePalestine di media sosial untuk meningkatkan kesadaran dan memobilisasi dukungan.

“Kita perlu meningkatkan tekanan tersebut karena jajak pendapat yang terpercaya menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat di Inggris menginginkan adanya gencatan senjata permanen, dan demonstrasi yang memiliki sejarah dan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya merupakan sarana penting untuk mencapai gencatan senjata,” PSC sutradara Ben Jamal mengatakan kepada Middle East Eye (MEE).

Chris Nineham, salah satu pendiri Koalisi Hentikan Perang, mengatakan kepada MEE bahwa jika gencatan senjata permanen tidak ditengahi pada tanggal 13 Januari, maka semua kelompok masyarakat sipil perlu melakukan protes.

Baca Juga:  Serangan Al-Qassam Tewaskan dan Lukai Sejumlah Tentara Israel di Kerem Shalom

“Sangatlah penting, tidak hanya agar demonstrasi terus berlanjut, namun juga diperkuat, diperdalam dan diperluas, untuk memaksimalkan tekanan, tidak hanya terhadap Israel, namun juga pada pemerintah di seluruh dunia untuk berhenti berkolusi dalam hal ini. pembantaian yang dilakukan Israel,” katanya.

Upaya PBB untuk Gancatan Senjata

Upaya PBB untuk meloloskan resolusi gencatan senjata di Gaza mengalami penundaan, dengan pemungutan suara ditunda di tengah perbedaan kebijakan yang dilaporkan dalam pemerintahan Biden.

Resolusi yang direvisi tersebut kini menekankan “penghentian segera permusuhan” demi akses kemanusiaan yang aman. Namun, para pejabat Israel bersikeras untuk melakukan jeda sementara, dan mengaitkannya dengan kesepakatan penyanderaan, sementara Hamas bersikeras untuk melakukan gencatan senjata permanen untuk mengakhiri genosida Israel yang sedang berlangsung sebelum kesepakatan pertukaran tahanan dapat didiskusikan.

Baca Juga:  Tokoh Kashmir Sebut PM Modi Sebarkan Kebencian untuk Kembali Berkuasa

Protes solidaritas dengan warga Palestina telah terjadi di seluruh dunia dan menarik perhatian terhadap penderitaan di Gaza. Namun, para pejabat Inggris, termasuk mantan Menteri Dalam Negeri Suella Braverman, mengkritik gerakan tersebut dan menuduh para pengunjuk rasa berpartisipasi dalam “pawai kebencian.”

Sentimen serupa juga terjadi di Perancis, di mana pengadilan tinggi telah melarang protes solidaritas, sementara para politisi di AS terus menyatakan dukungan yang teguh terhadap Israel meskipun mereka melakukan kejahatan perang di Gaza.(T/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.