Amin Nuroni: Pemuda Harus Contoh Semangat Umair bin Abi Waqqas

Sesi foto bersama Waliyul Imam Wilayah Lampung, Amin Nuroni bersama pengurus karate Ponpes Al-Fatah Zona 1 Sumatera dalam pembukaan Kejuaraan Karate Festival Muharram, Sabtu (5/8).

Lampung Selatan, MINA – Waliyyul Imam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung, Amin Nuroni mengatakan pemuda sudah seharusnya punya semangat berjuang, seperti yang dimiliki salah satu sahabat Nabi, Umair bin Abi Waqqas.

Demikian disampaikan Amin dalam sambutan acara pembukaan Festival Muharram 1445 H Zona 1 Sumatera yang digelar di halaman Masjid An-Nubuwwah, Komplek Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (5/8).

“Saat perang Badar, Umair sangat ingin ikut berperang. Namun, Rasulullah sempat melarangnya, kenapa? Karena usianya yang masih anak-anak. Tapi dia tetap gigih bahkan sampai menangis (ingin ikut jihad),” jelasnya.

Meski telah dilarang Rasulullah, lanjut Amin, Umair tetap menyatakan bahwa dirinya bercita-cita meraih syahid dalam perang Badar melawan kaum kafir Quraisy.

Setelah melihat semangat Umair, Rasulullah pun mengizinkan dan menghadiahinya sebuah pedang yang digantungkan di leher Umair. Karena pedang itu terlalu panjang dan tubuhnya pendek, maka pedangnya sampai menyeret ke tanah.

Pada akhirnya, kegigihan Umair pun berbuah hasil sehingga cita-citanya terwujud. Ia meraih syahid dalam perang Badar tersebut.

“Kisah Umair bin Abi Waqqas ini mengajarkan kepada kita untuk semangat, gigih, berjuang dalam membela kaum muslimin,” katanya.

Ia berharap dengan diadakannya Festival Muharram  akan melahirkan mujahid dan mujahidah yang memiliki semangat dan kegigihan seperti Umair.

Dalam Festival Muharram terdapat empat cabang perlombaan, yaitu Renang, Panahan, Karate, dan Pencak Silat.

Setiap cabang perlombaan dilaksanakan di lokasi yang berbeda. Untuk cabang renang diadakan Jabodetabek, panahan di Kalimantan Barat, Karate di Sumatera, dan Pencak Silat di Jawa Tengah. (L/chy/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.