Angkatan Laut Israel Tembaki Nelayan Gaza

, MINA – Seorang terluka akibat tembakan Pasukan Angkatan Laut saat berlayar di wilayah timur perairan Al-Waha, Laut Gaza.

Dikutip dari Wafa, Jumat (4/8), nelayan tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit al-Shifaa di sebelah barat kota Gaza.

Sejak Oktober tahun 2000, pusat-pusat Hak Asasi Manusia (HAM) di Gaza telah mencatat beberapa pelanggaran pendudukan Israel, termasuk pembunuhan dan penyitaan perahu terhadap nelayan.

Padahal, para nelayan tersebut sudah mendapatkan izin untuk berlayar, sesuai dengan perjanjian Palestina dan Israel yang dijamin internasional, untuk menangkap ikan dalam jarak 4 sampai 6 mil laut lepas pantai.

Meski begitu, terlepas dari perjanjian yang ditandatangani antara Palestina dan Israel tersebut, Angkatan Laut Israel kerap menargetkan para nelayan Gaza hampir setiap hari, bahkan tidak mengizinkan mereka untuk pergi lebih dari tiga mil laut.

Baca Juga:  MUI Ajak Semua Pihak Bergandengan Tangan Pascapemilu  

Para nelayan merasa kesulitan dan kurang dalam mencari ikan. Sehingga mereka kerap berlayar sejauh 12 mil di Laut Mediterania. (T/ind/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.