Angkatan Laut AS, Jepang dan India Latihan Bersama

Induk Serikat, USS Ronald Reagan (Foto: File)

Tokyo, MINA – Kapal Induk Amerika Serikat (), USS Ronald Reagan melakukan selama tiga hari bersama kapal perusak dan dua kapal perang di laut Jepang, demikian menurut Angkatan laut Jepang pada hari Selasa (7/11).

Latihan yang melibatkan lima kapal ini telah berakhir pada hari Senin (7/11), terjadi di tengah meningkatnya ketegangan yang meningkat di wilayah tersebut dan dioicu rudal serta Utara. Saat ini pula saat Presiden AS Donald Trump memulai tur 12 hari di Asia yang diawali di Jepang pada hari Ahad (5/11).

“Latihan ini untuk meningkatkan keterampilan dalam pertempuran dan memperdalam kerja sama dengan India,” kata Angkatan Pertahanan Bela Diri Maritim Jepang dalam sebuah siaran pers.

USS Ronald Reagan berkapasitas 100.000 ton, yang berbasis di Jepang membawa sekitar 70 pesawat tempur dan merupakan kapal perang Angkatan Laut AS yang paling kuat di Asia.

Channel News Asia melaporkan, USS Ronald Reagan selanjutnya akan bergabung dengan dua kapal perang AS lainnya di Pasifik Barat, yakni USS Nimitz dan USS Theodore Roosevelt.

Keberadaan kapal-kapal perang AS tersebut membawa misi pengingat terhadap Pyongyang akan kemampuan AS yang dapat secara cepat memobilisasi kekuatan militer, demikian pejabat AS mengatakan sebelumnya. (T/B05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: bahron

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.