Anies Baswedan: Dari Lapangan Medan Merdeka Kirimkan Pesan Kemerdekaan Palestina

Anies Baswedan menyampaikan orasi pada Aksi Akbar Bela Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Ahad (5/11/2023).(Foto: MINANEWS TV)

Jakarta, MINA – Anies Rasyid Baswedan menyuarakan dari Lapangan Medan Merdeka di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat untuk Kemerdekaan Palestina.

“Kita kirimkan pesan kepada dunia, dari negeri paling timur Indonesia, untuk fajar kebangkitan Palestina,” seru pada Aksi Akbar Bela Palestina di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Ahad (5/11).

“Kita semua membawa syal Palestina, ikat di pergelangan tangan kanan, dan kepalkan, tujukan ke arah bendera Palestina dan Indonesia. Allahu Akbar !” teriak Anies Baswedan, diikuti jutaan peserta aksi yang datang dari Jakarta dan berbagai kota dan daerah.

“Kita saat ini di bawah terik matahari berkumpul untuk merasakan Gaza yang merintih, penderitaan keluarga yang tangisnya menggema, melampaui jarak ribuan kilometer ke rumah-rumah kita,” ujar Anies Baswedan.

“Kita semua mendesak buka blokade Gaza, biarkan bantuan masuk, biarkan rakyat di Gaza mendapatkan yang mereka butuhkan. Bergerak lakukan blokade diplomasi terhadap Israel, segera terapkan gencatan senjata dan minta pertanggungjawaban mereka,” seru Anies Baswedan.

Anies Baswedan dalam orasinya juga memberikan apresiasi dan kebanggaan kepada seluruh rakyat dan bangsa Indonesia serta pemerintah dan tokoh-tokoh bangsa atas konsistensi dukungannya terhadap Palestina.

“Kita bangga dengan Ibu Menlu Retno yang terus memperjuangkan Palestina dalam forum-forum diplomasi internasional,” lanjutnya.

“Kita akan sama-sama melihat Palestina merdeka, bebaskan Palestina, Allahu Akbar!”, serunya sambil bertakbir.

Pada akhir orasinya, Anies Baswedan menyampaikan pesan orasi dalam bahasa Inggris agar pesannya sampai ke dunia Barat.

Di antara yel-yel yang ia kumandangkan, ““Hei hei! Ho Ho! Occupation no More!”, “Free, Free! Palestine!”, “We will fight for independence of Palestine!”.

Hadir dalam aksi yang dikoordinir oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut di antaranya Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun, Ketua DPR Puan Maharani, Fadli Zon (BKSAP DPR), Jazilul Fawaid (Wakil Ketua MPR), Hidayat Nur Wahid (Wakil Ketua MPR), Sylviana Murni (Anggota DPD), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Beberapa tokoh nasional dan tokoh lintas agama juga tampak hadir seperti Jusuf Kalla, Prof. Din Syamsuddin, Prof. Amien Rais, Prof. Sudarnoto Abdul Hakim (MUI), KH Anwar Abbas (Muhammadiyah), KH Cholil Nafis (NU), KH Zaitun Rasmin (Wahdah Islamiyah), Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, Ustadz Das’ad Latif, Ustadz Bakhtiar Nasir, Ustadz Fadlan Garamatan, Jend. Purn. Gatot Nurmantyo, Adhyaksa Dault, dr. Sarbini Abdul Murod (MER-C), dan Anies Rasyid Baswedan Gubernur DKI Periode 2017-2022.

Tokoh lintas agama yang hadir di antaranya perwakilan dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (disingkat MATAKIN)

Beberapa seniman dan artis tampak hadir juga seperti Helvy Tiana Rosa, Atta Halilintar, Ramzy, Abizar Alghifari, David Chalik, Taqy Malik, Kartika Putri, group nasyid Shoutul Harakah, dan lainnya. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.