Anies Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Kebakaran di Tomang Terpenuhi

Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi meninjau langsung lokasi pemukiman penduduk yang terdampak kebakaran, serta meninjau posko pengungsian para korban, di Utara I, Tomang, Jakarta Barat, Selasa (22/1).

Dalam tinjauannya, Anies memastikan Pemprov DKI Jakarta memenuhi kebutuhan dasar para korban yang terdampak kebakaran Tomang. Seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, terutama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat, merespon secara cepat dan mendistribusikan kebutuhan dasar warga yang mengungsi.

“Tadi baru saja kita mengunjungi lokasi kejadian kebakaran di Tomang, ada tiga RW, RW 11, 14 dan 15 yang terkena; serta 165 bangunan yang terdampak. Kebutuhan air, makan, tempat tinggal sementara, dan pelayanan kesehatan semuanya tertangani dengan baik,” katanya.

Anies mengatakan, Walikota Jakarta Barat, dan seluruh jajaran sudah bekerja sangat optimal selama 24 jam lebih. Memastikan warga yang hari ini merasakan musibah dikurangi bebannya. Pada fase ini, konsentrasi kita pada penanganan korban dulu, sesudah ini nanti ada proses rehabilitasi.

Lebih lanjut, ia memaparkan, kurang lebih 234 KK atau 1.251 jiwa yang terdampak kebakaran telah mengungsi di lokasi penampungan sementara.

Terdapat tiga posko pengungsian yang terletak tidak jauh dari lokasi kebakaran, yakni di Masjid Jami’ An-Nur, Mushola Mu’minin, dan Lapangan Bulu Tangkis dengan didirikannya tenda dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Setiap posko pengungsian ini dilengkapi fasilitas kesehatan dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, serta dapur umum. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta turut menyediakan mobile toilet di lokasi.

“Pos kesehatan kita ada tiga, dan semuanya bekerja 24 jam, serta akan mendatangi, mengecek rumah-rumah dan pos-pos yang di situ ada warga yang rentan, baik orang tua maupun anak-anak. Lalu, MCK, kebutuhan balita, dan lain-lain, semua sudah disiapkan,” kata Anies.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu mengapresiasi kepada jajaran Pemkot Administrasi Jakarta Barat yang sudah kerja sangat baik. Juga relawan-relawan yang bekerja dengan cepat dan tanggap, karena banyak masyarakat yang datang.

Selain menyiapkan kebutuhan dasar bagi para korban, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan Posko Pelayanan Dukcapil yang memudahkan para korban mengurus dokumen-dokumen kependudukan mereka yang hilang/rusak/musnah akibat kebakaran tersebut.

“Posko Pelayanan Dukcapil terletak tak jauh dari lokasi bencana, yakni di Jalan Rawa Kepa Raya. Posko tersebut merupakan kerja sama Pemprov DKI Jakarta dan Kepolisian. Kita akan terus memantau dan membantu, ada hal-hal yang kita harapkan warga juga pro aktif dalam suasana, seperti banyak dokumen surat-surat yang hilang,” kata Anies.

Anies menegaskan bahwa dengan adanya Posko Pelayanan Dukcapil yang disiapkan Pemrpov DKI Jakarta, warga tidak perlu menunggu ke Kelurahan. Petugas Pelayanan Dukcapil akan berkelililing memastikan semua dokumen akan segera bisa diberikan.

“Jadi, silahkan datang dan laporkan. Hari ini yang melaporkan baru 40-an, padahal dari sisi jumlah korban jauh lebih banyak,” katanya. (R/R06/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)