Arab Saudi Akan Kirim Astronot Wanita Pertama ke Luar Angkasa

Kiri ke kanan: Astronot Saudi Mariam Fardous, Rayyanah Barnawi, Ali Al-Qarni dan Ali Al-Ghamdi. (Foto: Twitter/@saudispace)

Riyadh, MINA – Kerajaan akan mengirim astronot wanita pertama dan seorang astronot pria ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada kuartal kedua tahun 2023.

Kantor berita SPA melaporkan, astronot wanita tersebut bernama Rayyanah Barnawi dan prianya bernama Ali Al-Qarni akan bergabung dengan awak misi luar angkasa AX-2, misi astronot swasta kedua Axiom Space ke ISS.

Ketua Komisi Luar Angkasa Saudi, Abdullah Al-Swaha mengatakan, kepemimpinan Kerajaan ingin memberikan dukungan tak terbatas untuk program itu, yang bertujuan meningkatkan minat lulusan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika, serta memelihara inovasi dalam ilmu ruang angkasa.

“Ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Kerajaan dalam penelitiannya sendiri, yang akan bermanfaat bagi industri dan bangsa, serta mengembangkan sumber daya manusia dengan menarik bakat-bakat terampil,” katanya.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Spaceflight dijadwalkan untuk diluncurkan dari Amerika Serikat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Program Penerbangan Luar Angkasa juga melibatkan dua astronot lagi, Mariam Fardous dan Ali AlGamdi.

Sebelumnya diluncurkan oleh Saudi Space Commission (SSC), Saudi Human Spaceflight Program, merupakan kolaborasi dengan perusahaan AS Axiom Space guna melatih astronot Saudi, dan mendukung eksplorasi ruang angkasa SSC. (T/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.