AS Hancurkan Rudal Antikapal Houthi di Laut Merah

Washington, MINA – Komando Pusat Amerika Serikat () CENTCOM mengatakan bahwa mereka melakukan pertahanan diri dengan menyerang dan menghancurkan rudal antikapal di .

“AS Melakukan Serangan Bela Diri Terhadap Houthi Pada tanggal 27 Januari sekitar pukul 3:45 pagi (waktu Sanaa), Pasukan Komando Pusat AS melakukan serangan terhadap rudal anti-kapal Houthi yang ditujukan ke Laut Merah dan itu siap untuk diluncurkan,” tulis Komando Pusat AS (CENTCOM) di X, Sabtu (27/1).

“Tindakan ini akan melindungi kebebasan navigasi dan membuat perairan internasional lebih aman bagi kapal Angkatan Laut AS dan kapal dagang,” tambahnya.

Pasukan AS menyebut rudal tersebut “ancaman nyata” terhadap kapal dagang dan kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut.

Ketegangan meningkat di Laut Merah di tengah serangan Houthi terhadap kapal komersial yang diduga memiliki hubungan dengan Israel.

Kelompok Houthi mengatakan serangan itu adalah untuk menekan Israel agar menghentikan serangan genosida di Jalur Gaza, yang telah membunuh lebih dari 26.000 korban jiwa sejak 7 Oktober 2023.

Ketegangan di Laut Merah meningkat sejak Houthi menargetkan kapal AS secara langsung pada 9 Januari.

Sejak 12 Januari, sebuah koalisi yang dipimpin oleh AS telah melakukan serangan udara, dan mengatakan bahwa mereka menargetkan posisi Houthi di berbagai wilayah di sebagai tanggapan atas serangan kelompok tersebut di Laut Merah, yang telah ditanggapi dengan sumpah dari kelompok tersebut bahwa mereka akan melakukan serangan tersebut, tidak akan berlalu tanpa tanggapan. (T/R5/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.