AS KIRIM 275 TENTARA KE IRAK

MINA-TENTARA AS

Tentara Amerika Serikat (Gambar: REUTERS)
Tentara Amerika Serikat (Gambar: REUTERS)

Washington, 19 Sya’ban 1435/17 Juni 2014 (MINA) – telah memberitahu Kongres bahwa ia mengirim 275 tentara ke untuk melawan kelompok  Negara Islam Irak dan Levant () yang telah menguasai beberapa kota.

“Pasukan dilengkapi perlengkapan tempur,  bertujuan melindungi warga negara dan properti AS di Irak,” kata Obama dalam sebuah surat kepada anggota legislatif, baru-baru ini.

“Pasukan akan tetap berada di Irak sampai situasi keamanan menjadi aman,” tulisnya, demikian Press TV memberitakan seperti dikutip Miraj Islamic News Agency (MINA).

Menurut pernyataan dari Sekretaris Pers Gedung Putih Jay Carney, pasukan akan merelokasi staf dari Kedutaan Besar AS di Baghdad ke konsulat di Arbil dan Basra, serta Amman.

MilitanISIL telah menguasai beberapa kota Irak utara utama termasuk Mosul, kota terbesar kedua di negara itu dan Tikrit, tempat kelahiran Saddam Hussein.

Pada Jumat lalu, Obama mengatakan ia sedang meninjau opsi militer untuk membantu pemerintah Irak melawan militan. Hari berikutnya, Pentagon memerintahkan tiga kapal perang  ke Teluk Persia untuk meluncurkan serangan udara terhadap militan.

Kelompok militan ISIL telah menyerang konsulat Turki pada Rabu pekan lalu, menculik 49 anggota staf Turki dan keluarganya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan, 49 staf dan anggota keluarganya yang diculik dari konsulat Turki di Irak dalam keadaan  aman, dan sejauh ini  terus dilakukan upaya untuk memastikan pembebasan mereka. (T/P09/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0