AWG-MINA Bangun Sinergi Jelang Bulan Solidaritas Palestina 2023

AWG kunjungi kantor MINA jelang Bulan Solidaritas Palestina. (Foto: AWG)

Jakarta, – Menjelang yang akan digelar pada bulan November 2023, (AWG) bersama Kantor Berita MINA mulai membangun sinergitas.

Terkait hal itu, AWG melakukan audiensi ke Kantor Berita MINA pada Kamis (14/9). Audiensi AWG itu diterima oleh Pemimpin Redaksi MINA, Ismet Rauf; Pemimpin Umum, Arief Rahman.

“Tujuan kami audiensi dengan MINA, tentu yang pertama ialah menumbuhkan sinergitas, kedua memohon arahan dan ketiga memohon support untuk suksesi BSP 2023,” ujar Ketua BSP 2023, Rifa Berliana Arifin.

Rifa mengatakan, BSP tahun ini rencananya akan digelar secara global dengan menggandeng NGO-NGO di Asia tenggara. Untuk itu, pihaknya berharap MINA sebagai media yang memiliki concern kepada Palestina dapat menggencarkan pemberitaan soal kegiatan BSP 2023.

Rifa menyampaikan, keberhasilan publikasi berita-berita kegiatan BSP tahun lalu, tidak lepas dari campur tangan MINA yang begitu masif menyebarkan berita baik di tingkat nasional maupun internasional tentang kegiatan BSP 2022.

Rifa mengatakan, BSP 2023 bersamaan dengan tahun politik dan tentu media-media nantinya akan dibanjiri ragam berita soal Pemilu 2024. Sehingga ini menjadi tantangan bagi AWG, bagaimana agar berita terkait BSP tetap bisa digaungkan. Menurutnya, di sini peran Kantor Berita MINA sangat dibutuhkan.

Pemimpin Umum MINA, Arief Rahman menyampaikan, kegiatan BSP bukanlah hal yang baru bagi MINA. Sebab, visi-misi AWG sejalan dengan MINA, yaitu memperjuangkan kemerdekaan Palestina dan membebaskan Masjid Al-Aqsa.

“Kami selaku pimpinan (MINA) pun sudah mengingatkan, kalau enggak salah dari tiga bulan lalu, bahwasanya BSP ini harus kita siapkan lebih baik lagi dari segi supporting pemberitaan,” kata Arief.

Ia mengatakan, MINA akan mengoptimalkan jejaringnya yang ada di luar negeri untuk mendukung pemberitaan BSP 2023.

“Untuk menguatkan program BSP ini, tentunya ini nanti kesepakatan dengan redaksi juga bahwa jika diperlukan, kita bisa membuatkan satu kolom khusus untuk BSP,” tuturnya.

“Kontestasi (BSP) itu kan hanya di Indonesia, tapi kita harapkan gaungnya ada di seluruh dunia. Maka perlu ada strategi khusus dalam pemberitaan sehingga bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Arief.

Pada bulan November mendatang, Aqsa Working Group (AWG) akan kembali menggelar perayaan Bulan Solidaritas Palestina 2023 selama sebulan penuh, tepatnya mulai 1 November-29 November 2023.

BSP 2023 akan fokus menggaungkan penolakan RUU Israel yang akan membagi Masjid Al-Aqsa antara Muslim dan Yahudi. RUU ini diusulkan oleh anggota partai Likud Amit Halevi, ke Parlemen Israel, Knesset. Padahal secara aturan yang berlaku, umat Islam adalah satu-satunya yang berhak atas Masjid Al-Aqsa.(L/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.