BANK ISLAM PINJAMKAN 270 MILIAR DOLAR KEPADA PERUSAHAAN EKSPOR TURKI

(Gambar: AA)
(Gambar: AA)

Ankara, 18 Rabiul Awwal 1437/30 Desember 2015 (MINA) – Bank Pembangunan  () mengumumkan telah menyetujui rencana peminjaman sebesar US$ 270 miliar kepada Perusahaan Ekspor (Turk Eximbank).

“Pinjaman ini adalah intervensi ISDB pertama di Turki untuk mendukung kontraktor Turki melakukan bisnis di luar negeri,” kata pernyataan resmi Turk Eximbank, Rabu (30/12), demikian Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Manfaat utama pinjaman ini akan membantu usaha kecil dan menengah yang berorientasi pada ekspor untuk memungkinkan mereka berinvestasi guna memperluas kapasitas produksi dan meningkatkan tingkat produktivitas operasional,” imbuh pernyataan itu.

Sementara itu, Direktur ISDB, Mohammad Jamal Al-Saati mengatakan, transaksi itu akan digunakan untuk membiayai infrastruktur dan proyek-proyek industri di negara-negara anggota ISDB lainnya yang akan direalisasikan oleh kontraktor Turki.

Baca Juga:  Perspektif Islam Terhadap Maraknya Tindak Kekerasan

“Ini adalah transaksi yang sangat baik bagi Turki dan untuk anggota ISDB lainnya yang akan mendapatkan keuntungan dari pembiayaan bahan yang diekspor, peralatan dan kontraktor jasa,” katanya.

Saat ini, Turki menetapkan target tinggi untuk meningkatkan total ekspor menjadi US $ 500 Miliar pada 2023 mendatang.

Turk Eximbank sudah beroperasi di lebih 100 negara, mencapai tempat kedua setelah Cina dalam Daftar Top 225 Kontraktor Internasional. (T/P011/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.