Basarnas Gelar Uji Kompetensi HART Bagi Potensi SAR Lampung

Bandar , MINA – Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional () menggelar Uji Kompetensi bagi Potensi High Angle Rescue Technique () di Kantor SAR Lampung, Senin (10/10).

Ketua Tim Assesor Basarnas Pusat, Raymond Konstantin dalam sambutan pada acara pembukaan kegiatan mengatakan Uji Kompetensi merupakan bentuk pengakuan terhadap keahlian dan kemampuan Potensi SAR karenanya yang diperbolehkan ujian adalah potensi yang pernah ikut pelatihan potensi sebelumnya dan dinyatakan lulus.

“Nanti akan diterbitkan sertifikat dan kartu tanda kecakapan bagi yang direkomendasikan kompeten pada ujian ini,” ujarnya.

Raymond melanjutkan, Uji Kompetensi ini merupakan bagian dari kegiatan Direktorat Bina Potensi Basarnas yang akan dilaksanakan di 18 lokasi kantor SAR.

“Kita patut bersyukur bisa mengikuti Uji Kompetensi dari Binpot ini. Mudah-mudahan semua direkomendasikan lulus,” katanya.

Kepala Kantor Basarnas Lampung, Deden Ridwansyah, pada kesempatan sama mengucapkan terimakasih atas kepercayaan di triwulan ke empat untuk Kansar Lampung yang dipercaya mengadakan Uji Kompetensi yang bertujuan tidak hanya sekedar menguji.

“Uji Kompetensi ini bertujuan bukan hanya sekedar ukom tapi bagaimana melihat kesiapan rekan-rekan dan kami (Basarnas) dalam pelaksanaan Operasi SAR,” katanya.

Deden berharap kegiatan Uji Kompetensi ini bisa berjalan sesuai yang direncanakan. “Ikuti dengan baik, ini salah satu jembatan bagaimana kita mengemas pembinaan secara berkesinambungan bagi Potensi SAR,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Deden, dengan adanya Uji Kompetensi ini, diharapkan kolaborasi dan sinergi terjalin. “Bukan sekedar diucapkan tapi diwujudkan sehingga Lampung nantinya akan berjaya,” tegasnya.

Ujian Kompetensi diikuti oleh 23 peserta Potensi SAR dari berbagai organisasi seperti Ukhuwah Al-Fatah Rescue (), Forum Rescue dan Relawan Lampung (FRRL), Gaspool Lampung, Komunitas Peduli Lingkungan (Kota Agung), Mapala UBL, BPBD, APGI, Koral Lampung, MDMC Metro, SAR LP3UI, Senkom Mitra Polri.

Usai Uji Kompetensi, Ketua Tim Asesor Basarnas, Raymond kepada MINA menyatakan seluruh peserta sejumlah 23 orang kompeten dalam Bidang Teknik Pertolongan pada Ketinggian (HART) ini. “Untuk 23 orang yang ikut Uji Kompetensi, kami rekomendasikan kompeten seluruhnya,” katanya.(L/B03/R1).

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.