Bayi Rohingya Lahir di Pengungsian Bangladesh Dinamani Recep Tayyip

di pengungsian Bangladesh bernama Recep Tayyip (Anadolu Agency)

Cox’s Bazar, MINA – Bayi Rohingya lahir di sebuah rumah sakit lapangan di Bangladesh pada Jumat (9/3/2018) dan diberi nama Recep Tayyip.

Kedutaan Besar Turki di Dhaka berbagi foto bayi yang baru lahir mengacu pada nama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, di akun Twitter resminya.

“Recep Tayyip, bayi Rohingya pertama yang lahir dengan operasi caesar di rumah sakit lapangan Turki di Cox’s Bazar, menyapa dunia hari ini dalam pelukan staf medis Turki,” tweet itu menyebutkan.

Rumah sakit lapangan yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Turki di kota Cox’s Bazaar mulai menangani pasien pada bulan Februari.

“Pengungsi Rohingya di wilayah ini sangat diperhatikan Presiden Recep Tayyip Erdogan,” kata Jamaladdin Mohammad, kepala dokter di rumah sakit tersebut.

Itulah sebabnya keluarga bahagia menamai bayi itu dengan nama presiden tersebut, tambahnya.

Staf rumah sakit mengatakan bahwa bayi dan ibunya dalam keadaan sehat.

Sejauh ini, 10.000 pasien telah dirawat di rumah sakit tersebut.

Turki memberikan bantuan kemanusiaan kepada Muslim Rohingya melalui berbagai institusi dan organisasi seperti Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA), Bulan Sabit Merah Turki, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) dan Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH).

Sejak 25 Agustus 2017, lebih dari 750.000 warga Rohingya mengungsi, kebanyakan anak-anak dan perempuan, dengan meninggalkan Myanmar dan menyeberang ke Bangladesh, setelah pasukan Myanmar melancarkan tindakan keras terhadap komunitas Muslim minoritas, menurut Amnesty International.

Sedikitnya 9.000 Rohingya tewas di negara bagian Rakhine dari 25 Agustus hingga 24 September tahun lalu, menurut Doctors Without Borders.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada 12 Desember 2017, organisasi kemanusiaan global tersebut mengatakan bahwa kematian 71,7 persen atau 6.700 Rohingya disebabkan oleh kekerasan. Mereka termasuk 730 anak di bawah usia lima tahun. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.