Baznas Gresik Siap Dirikan Kampung Zakat

Gresik, Jawa Timur, MINA – Bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik giat membuat terobosan baru terkait dengan penyaluran dan pendistribusian zakat.

Ketua Baznas Kabupaten Gresik Abdul Munif pada Senin (2/9) mengatakan, terobosan itu adalah “” dengan tujuan membangkitkan semangat para pegiat zakat dalam menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS), demikian rilis Kemenag yang diterima MINA.

Selain itu, tambah Abdul, terobosan ini juga bertujuan pemberdayaan masyarakat melalui zakat. Lokasi yang dipilih sebagai pilot project atau proyek percontohan adalah di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“Saat ini kami masih melakukan komunikasi dengan Kemenag Kabupaten Gresik, sejauh mana kelayakan pogram ini dilaksanakan dengan memilih Desa Wedani, Kecamatan Cerme sebagai wilayah percontohan,” ujarnya.

Harapannya, masyarakat semakin semangat dalam rangka menyalurkan zakat, infak maupun sedekahnya.

“Tim kami di Baznas insya-Allah siap dalam memberikan penyuluhan ke desa-desa untuk menyukseskan program ini apabila program ini berhasil terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Terobosan ini juga disambut baik oleh Wakil Bupati Gresik, Dr. H. Moh. Qosim. Dirinya sangat mengapresiasi langkah untuk membuat terobosan baru, yakni Kampung Zakat tersebut.

“Ini adalah gagasan yang sangat baik. Pasalnya, dengan pembuatan kampung zakat ini, daerah yang bersangkutan bisa lebih baik dari sisi ekonomi maupun sisi sumber daya manusianya,” ujar Qosim.

Menurutnya, menunaikan zakat adalah sebuah tuntunan yang positif bagi yang mampu dalam melaksnakannya. Oleh karena itu, untuk mempermudah para pegiat zakat dalam menyalurkan zakatnya, dirinya sangat mendukung terobosan yang digagas oleh Baznas Kabupaten Gresik tersebut.

“Ke depan, saya berharap ada kampung zakat di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik. paling tidak, ada satu desa yang dijadikan sebagai pilot project kampung zakat di setiap kecamatan,” harapnya. (R/Gun/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.