Bekas Istana Sultan Utsmaniyah Turki Dikunjungi Sejuta Orang Lebih

Dolmabahçe Palace. (Yeni Safak)

Ankara, MINA – Lebih dari satu juta orang telah mengunjungi bekas istana Sultan Utsmaniyah () Turki pada 2017, menurut lembaga pengelola situs bersejarah tersebut.

Istana Nasional, sebuah badan parlemen Turki, mengelola sekitar puluhan istana, rumah-rumah mewah, paviliun, museum, dan pabrik di sekitar wilayah Istanbul.

Menurut badan tersebut, 1,1 juta turis lokal dan mancanegara berkunjung pada 2017, menghasilkan pendapatan 20 juta lira Turki (Rp75 miliar), Yeni Safak melaporkan seperti dikutip MINA, Selasa (2/1).

Situs yang paling populer adalah Istana Dolmabahce di tepian Bosphorus di Eropa, dibangun oleh Sultan Abdulmecid pada pertengahan abad ke-19 dan tempat Presiden Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern, meninggal dunia.

Istana itu dikunjungi sekitar 630.000 pengunjung.

Di seberang kanal, Istana Beylerbeyi di sisi Asia menarik 95.000 pengunjung. Dibuka sebagai retret musim panas pada tahun 1865, istana ini berada di tempat berhutan yang dihiasi kios-kios.

Paviliun Ihlamur di lingkungan Eropa, Besiktas, mencatat 84.000 pengunjug, sementara Museum Lukisan Istana Nasional di sebelah Dolmabahce menerima 65.000 wisatawan.

Tahun lalu, 920.000 orang mengunjungi istana tersebut. (T/R11/RI-1)

 

Miraj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.