Bertanding Dalam Kondisi Cedera, Achmad Hulaefi Raih Perunggu di Wushu

Jakarta, MINA – Meski sedikit dibekap cedera, akhirnya atlet Indonesia Achmad Hulaefi berhasil meraih medali perunggu di nomor Taulo dalam ajang yang digelar di Hall B JIexpo, Selasa (22/8).

Meski hanya meraih sekeping medali perunggu, tetapi pria kelahiran Jakarta 14 Oktober 1989 ini mengaku tetap bangga.

Putra pertama dari lima bersaudara anak pasangan Iskandar Fauzi dan Juliawati ini berhasil membukukan  total poin 9,71 atau terpaut 0,4 dari peraih emas Wu Zhaohua (9,75) atau selisih 0,2 dari peraih perak Cho Seungjae (9,73).

“Ya, sebelum bertanding saya sedikit mengalami cedera lutut, engkel, dan pinggang. Tapi, saya bersyukur bisa menyumbang medali perunggu  bagi bangsa dan negara, bagi masyarakat Indonesia, PB WI dan keluarga saya. Sebenarnya saya bisa meraih medali perak, tapi lawan saya dari Korea Cho Seungjae bermain bagus,” ungkap pria yang berstatus PNS di Pemerintah Kodya Jakarta Selatan ini.

Salah satu motivasi yang terbakar dari anak muda bisa tampil lepas karena Hulaefi tampil di rumah sendiiri. “Kemarin saya main agak grogi. Tapi, hari ini tampil lepas karena main di negeri sendiri dan di tanah kelahiran saya di Jakarta,” tegas pria yang berencana pensiun selepas 2018 ini.

Menurutnya, persaingan dengan pewushu asal China Wu Zhachua, memang sulit menandinginya. “Kami pernah latihan bareng dengan dia selama 4 bulan di Cina. Dia.memang bagus, saya harus akui itu,” tutur pria yang belajar wushu dari pamannya itu.

Menyikapi keberhasilan yang diraih atletnya, Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto pun bangga. “Prinsip kami atau PB WI, slogannya adalah tiada hari tanpa medali, baik itu emas, perak, atau perunggu. Hari ini Achmad Hulaefi  berhasil meraih perunggu. Mungkin besok aka ada medali.lagi dari atlet lainnya,” jelas Airlangga yang didampingi Sekjen PB WI Ngatino.

“Keberhasilan ini, meski medali.perunggu berkat kerja keras dan latihan yang dilakukan terutama selama 4 bulan berlatih di Cina.  Soal.hadiah atau bonus pasti ada. Kalau Hulaefi kan sudah PNS,” tambah Airlangga yang juga Menteri Perindustrian itu.

Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara perolehan medali Asian Games 2018 dengan perolehan total 12 medali (5 emas, 2 perak, 5 perunggu). Cina masih berada di puncak klasemen disusul Jepang dan Korea selatan. (L/R01/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.