Blogger Muslim AS Manfaatkan Medsos untuk Informasi Tempat Makan Halal

Abe Obeid, Blogger Muslim AS (Foto : AboutIslam)

Michigan, MINA – Menemukan makanan halal mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi banyak Muslim di beberapa wilayah Amerika Serikat.

Namun, di Dearborn, kota dengan populasi Arab dan Muslim terbesar di Michigan, pilihan makanan halal sangat beragam dan menarik.

Memberi Muslim informasi tentang industri halal ini, influencer Instagram Abe Obeid punya cara unik untuk menarik pengikut yang “lapar” dari seluruh negeri untuk menemukan lebih banyak tentang makanan halal, demikian dikutip dari AboutIslam.

Abe sendiri yang merupakan seorang pencinta makanan memulai halaman Instagram Halal Food Junkie pada tahun 2017. Sekarang, dengan 20.000 pengikut, dia meraih kesuksesannya. Abe sering diundang untuk berbicara dalam berbagai acara.

“Saya sering menjadi bagian dari komunitas acara, Anda melihat saya di masjid, saya ada di mana-mana. Saya biasa keluar tiga-empat kali sehari dan menyebarkan konten,” katanya kepada The Detroit News.

Lonjakan pertama dari kesuksesannya datang pada tahun 2019 ketika ia mulai menayangkan video masakan ibunya selama Ramadan. Jumlahnya meningkat secara signifikan ketika umat Islam merayakan Ramadhan 2020 di rumah selama pandemi COVID-19.

“Selama Ramadhan semua orang duduk di rumah. Anda tidak akan keluar, Anda lelah, Anda berpuasa sepanjang hari dan Anda tidak makan sampai jam 9 malam,” kata alumnus Fordson High School dan Central Michigan University itu.

“Jadi tepat sebelum buka puasa, saya akan memposting video ibu saya membuat makanan. Saya melihat pengunjung vidio saya meningkat hingga seribu,” tambahnya.

Setelah sukses, media sosial Obeid menjadi pekerjaan penuh waktu, yang menampilkan beberapa restoran di halamannya.

Obeid saat ini bekerja pada aplikasi Halal Food Junkie yang menghubungkan pengunjung dan restoran dan menawarkan diskon.

Dia memiliki impian besar di masa depan, mempertimbangkan membuka truk makanan untuk menjual sandwich ayam goreng.

Kisah sukses terkait makanan halal ini sendiri sudah banyak di seluruh dunia.

November lalu, dua remaja Muslim muda memulai dapur makanan baru untuk menyediakan makanan lengkap di lingkungan Memphis, Tennessee.

Pasangan Muslim di Fredericton Kanada meluncurkan bisnis makanan halal pada bulan Juni 2020 yang disebut makanan Halal Simply Fresh.

Halal adalah kata dari Arab yang berarti halal atau diizinkan. Secara umum setiap makanan dianggap halal dalam Islam kecuali secara khusus dilarang oleh Al-Qur’an atau Hadits.

Istilah ini biasa digunakan untuk daging, tetapi juga berlaku untuk produk makanan lain, kosmetik, produk perawatan pribadi, dan obat-obatan yang tidak boleh berasal dari sumber non-halal seperti babi.

Halal juga berlaku untuk bahan yang dikonsumsi dan dapat dimakan lainnya yang tidak boleh berbahaya bagi kesehatan manusia. Misalnya, Islam menganggap anggur, minuman beralkohol, rokok, rokok elektrik, hookah, dan hal-hal tidak sehat lainnya adalah tidak halal.

Untuk sesuatu yang dianggap halal, hewan asalnya harus dirawat dengan baik, dipelihara dengan cara yang manusiawi dan sehat, serta disembelih sesuai dengan syari’at untuk alasan kebersihan. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.