BNPB: 297 Kejadian Bencana Terjadi Selama Januari 2020

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo. (Foto: Thayyibi/MINA)

Jakarta, MINA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat adanya 297 kejadian bencana yang terjadi di seluruh Indonesia di awal tahun 2020 ini.

“Ke-297 kejadian bencana itu menyebabkan 93 orang
meninggal dan 2 orang hilang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo saat Konferensi Pers Penanggulangan Bencana di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (31/1).

“Ada juga 120 orang korban luka-luka, 893.996 orang mengungsi, 10.613 unit rumah rusak, 132 fasilitas pendidikan rusak, 103 fasilitas peribadatan rusak, 11 fasilitas kesehatan rusak, 44 unit kantor rusak dan 82 jembatan rusak,” ujarnya.

Agus juga mengatakan, bencana hidrometeorologi mendominasi kejadian bencana di awal tahun 2020.

“Beberapa wilayah di Indonesia yang dilanda banjir dan tanah longsor yang cukup parah, di antaranya banjir di Jabodetabek, banjir dan tanah longsor di Sukajaya-Kab. Bogor serta di Lebak-Banten, banjir di Kabupaten Bandung. Puting beliung juga terjadi di Kabupaten Sukabumi,” katanya.

Selain banjir dan tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan juga masih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain di Provinsi Aceh, Riau, Maluku, dan Kalimantan Timur. (L/Ty/Ma/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)