China Tawarkan Jadi Tuan Rumah Negosiasi Langsung Palestina-Israel

Ramallah, MINA – Dalam percakapan telepon hari Selasa (23/11) dengan Kepala Departemen Hubungan Internasional Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), sekaligus Wakil Perdana Menteri, Ziad Abu Amr, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, negaranya siap menjadi tuan rumah negosiasi langsung antara pihak Palestina dan Israel untuk mencapai solusi dua negara.

Abu Amr menelepon Wang untuk menyampaikan pesan dari Presiden Mahmoud Abbas kepada rekannya dari China, WAFA melaporkan.

Dalam percakapan tersebut, Abu Amr memberi penjelasan kepada Menteri Luar Negeri China tentang situasi di wilayah Palestina, Israel yang tidak memenuhi kewajibannya dan menolak solusi dua negara, serta aksi agresifnya yang mengancam keberadaan rakyat Palestina.

Menurutnya, kondisi tersebut membutuhkan evaluasi komprehensif dari hubungan dengan Israel.

Abu Amr menyambut baik kuatnya hubungan bersejarah Palestina-China dan peran Beijing dalam mendukung rakyat Palestina secara politik, material dan moral, terutama dalam mendukung Negara Palestina saat menghadapi pandemi corona. Ia menekankan pentingnya penguatan hubungan bilateral di berbagai bidang.

Pada gilirannya, Menteri Luar Negeri China menekankan dukungan tegas negaranya kepada Palestina, menganggap masalah Palestina sebagai masalah inti, dan bahwa tidak mungkin untuk mencapai keamanan dan perdamaian di kawasan itu tanpa menemukan solusi yang adil untuk masalah Palestina.

Wang menekankan komitmen China terhadap hak rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka penuh dalam perbatasan 4 Juni 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)