Demonstrasi Tuntut Keadilan Pembunuhan Warga Kulit Hitam Minneapolis oleh Polisi

Orangtua Amir Locke. (PBS)

Minneapolis, MINA – Ratusan pengunjuk rasa di kota Minneapolis, Amerika Serikat (AS) mengadakan aksi demonstrasi menuntut keadilan atas pembunuhan polisi terhadap seorang pemuda Afrika-Amerika, , dalam serangan yang gagal di apartemennya awal pekan ini.

Para pengunjuk rasa yang meneriakkan nama Locke dan slogan “tidak ada keadilan, tidak ada perdamaian,” berdemonstrasi pada hari Sabtu (5/2) di Government Plaza di kota terbesar Minnesota, tiga hari setelah pria berusia 22 tahun itu ditembak di sofanya oleh polisi, Press TV melaporkan.

Locke ditembak pada hari Rabu oleh petugas yang menjalankan surat perintah penggeledahan di apartemen di kota utara AS, tempat pembunuhan polisi terhadap George Floyd pada tahun 2020 memicu protes nasional terhadap rasisme dan kebrutalan polisi.

Video kejadian menunjukkan seorang petugas menggunakan kunci untuk membuka pintu dan kemudian tim SWAT memasuki apartemen sambil berteriak, “Polisi, surat perintah penggeledahan!” Mereka melepaskan tembakan segera setelah Locke, yang tidur di sofa, mulai bangkit dari balik selimut, dengan pistol di tangannya.

Total waktu antara pintu masuk petugas dan tembakan yang dilepaskan kurang dari sepuluh detik. Locke meninggal karena luka-lukanya di rumah sakit. Sebuah laporan insiden mengatakan dia memiliki dua luka di dada dan satu di pergelangan tangan kanan.

Orangtua Locke mengatakan, putra mereka “dieksekusi”, dan bersumpah untuk tidak berhenti berjuang sampai dia “mendapatkan keadilan.”

Orangtua Locke, Andre Locke dan Karen Wells, mengatakan pada hari Jumat bahwa putra mereka adalah warga negara yang taat hukum dan menghormati semua orang, termasuk polisi.

Wells mengatakan, beberapa kerabat mereka bekerja di penegak hukum dan mereka telah melatih Locke tentang bagaimana bertindak dalam perselisihan dengan petugas, karena bahaya bagi “laki-laki kulit hitam yang tidak bersenjata.”

Polisi mengatakan, mereka menjalankan surat perintah penggeledahan “tanpa ketukan”, yang memberi wewenang kepada petugas untuk memasuki properti pribadi tanpa terlebih dahulu memberi tahu penghuni atau mengumumkan kehadiran mereka.

Departemen Kepolisian Saint Paul yang bertetangga telah mengeluarkan surat perintah sehubungan dengan penyelidikan pembunuhan. Locke tidak disebutkan namanya dalam surat perintah itu, dan polisi Minneapolis telah mengakui bahwa tidak jelas bagaimana dia terhubung dengan penyelidikan itu.

Pada hari Kamis, otoritas kepolisian mengatakan, kantor kejaksaan sedang meninjau penembakan itu, dan video dari insiden itu tampaknya menunjukkan pistol Locke menunjuk ke arah petugas ketika mereka melepaskan tembakan.

Para pengunjuk rasa pada hari Sabtu mengatakan Locke memiliki hak untuk memiliki senjata di rumahnya sendiri dan polisi tidak pernah mengizinkannya untuk melucuti senjatanya sendiri, setelah mereka menyerbu ke apartemennya tanpa peringatan.

Orangtua Locke juga mengatakan putra mereka terkejut dari tidur nyenyaknya ketika polisi menyerbu apartemen dan meraih senjata api legalnya untuk melindungi dirinya sendiri. Mereka mengatakan Locke memiliki izin untuk membawa senjata.

Setidaknya 500 pemrotes berkumpul dalam suhu di bawah titik beku, menuntut larangan tanpa syarat atas surat perintah “tidak boleh mengetuk”, pemecatan dan penangkapan petugas yang terlibat dalam penembakan, dan pengunduran diri walikota dan kepala polisi.

Pada protes tersebut, sejumlah pembicara menuntut keadilan rasial dan mengutuk kekerasan polisi terhadap orang kulit hitam, yang telah menjadi sasaran secara tidak proporsional oleh taktik penegakan hukum yang keras dan diskriminatif. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.