Pemda Rocky View County, Kanada, Tolak Pembangunan Pusat Islam

Ghazanfar Zafar. (Foto: CBC)

Bearspaw, Kanada, MINA – Sebuah proposal untuk pembangunan sebuah masjid dan pusat komunitas untuk komunitas pedesaan Bearspaw, Kanada, ditolak oleh pemerintah daerah.

Rocky View County menolak proposal untuk fasilitas seluas 22.000 kaki persegi dengan tempat parkir untuk 431 kendaraan, CBC melaporkan, Rabu (11/4).

Dewan beranggotakan sembilan orang menetapkan proposal itu tidak sesuai dengan penggunaan lahan saat ini untuk daerah tersebut, yang terletak di barat laut Calgary.

Tapi Ghazanfar Zafar, dari Dewan Muslim Calgary, mengatakan dia yakin proyek itu ditentang oleh masyarakat Bearspaw karena faktor agama yang ia anut, Islam.

“Jika kita dapat memiliki gereja – sudah banyak gereja sebenarnya – dan kuil Buddha, Butterfield Acres, begitu banyak properti dan entitas lain dengan segala macam sebutan, saya tidak melihat alasan mengapa kita tidak dapat membangun di sana,” ujarnya.

Iman dan agama adalah hal yang disebutkan dalam email dan surat dari penduduk daerah yang diajukan dalam paket ke dewan.

“Tidak ada “komunitas “tentang rencana ini,” kata salah satu surat. “Ini hanya mewakili kepentingan kelompok agama yang melayani diri sendiri dan tidak memiliki tempat di daerah yang dikategorikan R1 Country Residential.”

Zafar mengatakan pusat Islam akan menguntungkan masyarakat luas dengan menyediakan ruang untuk pertemuan dan acara khusus, tetapi warga berpendapat sudah ada cukup ruang pertemuan di Bearspaw. (T/R11/R01)

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.