Dewan Wakaf Al-Quds: Al-Aqsa Dalam Bahaya Runtuh Akibat Penggalian Israel

Kota , MINA – Direktur Jenderal Islam dan Urusan Masjid Al-Aqsa di kota itu, Azzam Al-Khatib, telah memperingatkan Masjid Al-Aqsa dalam bahaya runtuh jika penggalian berlanjut dengan intensitas seperti saat ini, ArabNews melaporkannya dikutip MINA, Senin (27/6).

Dewan Wakaf Al-Quds, sebagai lembaga dan pihak yang bertanggung jawab di Masjid Al-Aqsa, Kota Al-Quds (Yerusalem), , telah menyuarakan keprihatinan mendalam atas aktivitas penggalian Israel di situs suci yang menyebabkan retakan dan kerusakan lain pada struktur bangunan bersejarah tersebut.

Israel telah melakukan penggalian di bawah situs tersuci ketiga Islam terus menerus selama beberapa pekan yang menurut para pejabat telah menyebabkan munculnya retakan di lantai dan batu-batu yang sudah copot dari dinding dan langit-langit.

“Ada penggalian yang berbahaya dan tidak diketahui, dan tidak ada yang tahu apa itu dan apa tujuannya. Kami melihat penghapusan sejumlah besar debu dan mendengar suara peralatan menggali dan pecahnya batu,” Al-Khatib.

Dia mengungkapkan, getaran menyebabkan jatuhnya beberapa batu dari langit-langit masjid di ruang shalat bagian selatan.

Retakan juga muncul di area barat Al-Aqsa, dekat Museum Islam, dan Gerbang Al-Mugharabi (pintu barat masjid) yang berdekatan dengan Tembok Al-Buraq hingga ke area Istana Umayyah.

“Saya meminta polisi Israel untuk mengizinkan insinyur dan teknisi khusus dari departemen kami untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi dan apa yang sedang terjadi, dan selama seminggu kami telah berbicara dengan polisi Israel tentang penggalian ini, yang berlangsung siang dan malam, dan mereka mengabaikan permintaan kami,” ungkapnya.

Al-Khatib mencatat kegiatan serupa telah terjadi di masa lalu tetapi pekerjaan penggalian telah ditingkatkan dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami khawatir tentang terowongan yang digali yang dapat menyebabkan runtuhnya Al-Aqsa. Jadi, kami memberi tahu Pengadilan Kerajaan Yordania, Kementerian Wakaf Islam Yordania, Duta besar Yordania, dan yang paling penting, kami mengimbau Raja (Yordania) Abdullah, penjaga tempat-tempat suci, untuk campur tangan dalam masalah ini,” ujarnya.

Dewan Wakaf menyatakan, otoritas purbakala Israel dan organsasi Elad telah melakukan “penggalian yang mencurigakan dan misterius” di sekitar Masjid Al-Aqsa, terutama dari sisi selatan dan barat yang berdekatan dengan pondasi luar masjid, di daerah Tembok Al-Buraq dan Istana Umayyah.

Menurut Dewan Wakaf, pekerjaan tersebut antara lain mengosongkan tanah dan melubangi dinding yang bersebelahan dengan dinding selatan masjid, serta mengosongkan koridor sebagai upaya menyembunyikan penggalian yang mereka lakukan.

“Wakaf Islam tidak menginginkan gesekan tetapi sangat prihatin tentang kejutan bagi Al-Aqsa dan stabilitas di kawasan itu. aya meminta polisi Israel untuk mengizinkan kami memperbaiki tembok dari mana batu-batu itu keluar, dan yang mungkin dalam bahaya runtuh, tetapi mereka menolak,” imbuh Al-Khatib.

“Baik Wakaf, maupun UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB) tidak tahu apa yang sedang terjadi. Kami dipercayakan untuk memelihara Al-Aqsa dan menjalankan misi kami ini. Apa yang terjadi adalah masalah berbahaya yang membuat kami khawatir dan takut,” tambah Al-Khatib.

Sumber-sumber teknis di Wakaf Islam mengatakan kepada Arab News, sebuah komite insinyur dan ahli yang berafiliasi dengan departemen telah dibentuk untuk melihat apa yang terjadi dan melaporkan kembali kepada para pejabat.

Ditegaskan para pengamat telah memantau terjadinya proses perusakan terus menerus batu arkeologi penting selama berbulan-bulan, yang diubah menjadi batu kecil untuk menyembunyikan jejaknya, dan dikeluarkan sebagai limbah yang dibuang ke tempat sampah, oleh pekerja penggalian.

Dewan Wakaf memperingatkan penggalian ini bisa “merusak dan mengubah fitur-fitur bersejarah dan keagamaan dari situs-situs wakaf bersejarah ini.”(T/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.