Di Gaza, 11 Inovasi Teknologi Digital Berkembang Pesat

Oleh Bahron Ansori, wartawan MINA

Seorang teman yang  sudah lebih dari 5 tahun menetap di Gaza, pernah mengatakan kalau ada penjara terbesar di dunia, maka Gaza Palestina adalah penjara itu,  Bisa dibayangkan, bagaimana situasi dalam sebuah penjara bukan?

Gaza sudah lama diblokade Israel sejak Hamas memenangkan pemilu dan memerintah di jazirah itu, sehingga mengalami tingkat kehidupan yang makin merosot dalam bedrbagai kebutuhan pokok seperti makanan, suplai listrik, pelayanan kesehatan, pendidikan,  tempat tinggal.

Meski muslim Gaza hidup dalam kekurangan, penuh tekanan dan ‘mengharap’ uluran bantuan dari dunia internasional, tapi ada hal yang menarik di sana. Percayakah kita, kalau di Gaza ternyata dunia teknologi digital berkembang pesat dan  perkembangannya mampu mengalahkan negara-negara tetangganya.

Situasi politik yang tidak menentu di Gaza menyebabkan tingginya tingkat pengangguran dan stagnasi ekonomi. Walau begitu, para pengusaha teknologi baru di Gaza terus mengembangkan penawaran digital kelas dunia yang penuh inovasi dalam menghadapi kesulitan dan bahakan tercatat belum pernah terjadi sebelumnya.

Para pengusaha lokal Gaza telah berhasil meluncurkan usaha digital bagaikan Silicon Valley di Amerika Serikat,  bahkan hanya dengan pasokan listrik 4 jam lebih sedikit dalam sehari.

Baca Juga:  Serangan Zionis Tewaskan 450 Siswa Palestina Jelang Ujian Masuk Sekolah

Dari platform freelancing seluler untuk fotografer hingga solusi animasi berbasis awan semua berhasil mereka ‘ciptakan’. Berikut adalah 11 startup teknologi di Gaza  pada tahun 2017.

1. Keeflabs

Keeflabs adalah portal online bagi pengguna untuk memposting artikel tentang berbagai topik, mulai dari kedokteran dan kesehatan sampai kecantikan dan fashion. Perusahaan ini bertujuan untuk memfasilitasi mereka yang ingin berbagi gagasan dan teknik mereka dengan seluruh dunia Arab.

2. Price Offerz

Price Offerz adalah tujuan e-commerce terkemuka untuk komputer dan perangkat elektronik baru. Pengguna dapat mencari berbagai produk-ponsel, tablet, komputer, kamera, dan lainnya- dan mudah membandingkan harga antara vendor dan toko.

3. Piclancers

Piclancers adalah aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna menemukan dan  mengundang (menyewa) fotografer untuk acara pribadi dan pertunangan. Startup tersebut dipilih untuk melakukan inkubasi di Gaza Sky Geeks dan memenangkan Best 3 Minute Pitch di Gaza Challenge 3.

4. Munasabat

Munasabat – atau acara dalam bahasa Arab – adalah toko online yang menawarkan hadiah unik untuk acara-acara khusus: kedatangan bayi baru, kelulusan, pertunangan / pernikahan, dan lainnya. Perusahaan ini bertujuan untuk menghubungkan orang-orang tercinta dan teman-teman / keluarga termasuk diaspora (perantau di luar negeri), dengan  layanan pemberiannya.

Baca Juga:  [POPULER MINA] Kabinet Perang Israel Bubar dan 90 Hulu Ledak

5. Izaari

Platform e-commerce Izaari diluncurkan untuk desainer Arab dalam memamerkan dan menjual barang-barang yang dirancang khusus seperti -pakaian, asesoris, perabotan, dan lainnya. Penawaran jenis online semacam ini adalah yang pertama dari di dunia Arab.

6. Sponding

Platform manajemen media sosial Sponding mengkhususkan diri dalam menganalisis sentimen Arab dan mengklasifikasikan interaksi pengguna. Solusinya menyederhanakan proses pengelolaan beberapa akun sosial dan fitur interaksi arus terpadu, klasifikasi cerdas, pemberitahuan cerdas, dan masih banyak lagi.

7. Kookies

Sesuai namanya, Kookies adalah platform interaktif untuk pecinta masakan-pengguna dapat mencari resep dan berinteraksi dengan pecinta makanan yang suka berpikir. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

8. VidMass

VidMass adalah pembuat animasi berbasis cloud dan platform pengeditan video yang memungkinkan pengguna membuat video animasi yang menarik dan hanya dengan sedikit usaha. Pengguna cukup memilih template video favorit mereka dari perpustakaan yang disertakan, menyesuaikannya dengan foto / video tambahan melalui interaksi drag-and-drop, dan mendownload / berbagi dengan dunia-di situs web atau perangkat apa pun.

Baca Juga:  PBB Tidak Bisa Ambil Pasokan dari Penyeberangan Kerem Shalom

9. SUBOPP

Peluang Substansial – atau SUBOPP untuk jangka pendek – adalah platform digital berbasis komunitas untuk pekerja lepas. Penawaran tersebut merupakan yang pertama dari jenisnya di Timur Tengah untuk menghubungkan bakat profesional lokal dengan mempekerjakan manajer dan perusahaan.

10. Momy Helper

Sesuai namanya, Momy Helper adalah aplikasi yang membantu ibu-ibu baru yang menghadapi segudang masalah (kecemasan, depresi). Solusinya menawarkan konten, artikel, dan video unik yang berhubungan dengan keibuan; bahkan menawarkan konektivitas kepada para profesional berkualitas untuk mendapatkan dukungan psikologis dan konseling.

11. Tashbeak

Tashbeak adalah platform online yang menghubungkan perusahaan inovatif di Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) ke konsultan independen untuk mendapatkan panduan dan saran. Solusinya adalah platform bahasa Arab pertama yang dirancang untuk membantu para pebisnis menemukan konsultan profesional yang berkualitas.

Sebagai penjutup artikel ini, inovasi digital masih terus hidup, berkembang dan sehat di Jalur Gaza, dan 11 startup teknologi yang disebutkan di atas adalah bukti bahwa dunia usaha ​​dan kreativitas digital di bumi para Nabi itu dapat berkembang bahkan dalam skenario yang paling menantang sekalipun. (T/RS3/P1)

Sumber: techflier.com

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

 

 

 

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Ismet Rauf