Dina Satriani, IDRI Banten: Orang Tua Perlu Kreatif Libatkan Remaja dalam Digital Positif

Serang, MINA – Dina Satriani, MM Pengurus Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Banten mengatakan, para orang tua perlu aktif dan kreatif melibatkan remaja dalam menghadapi masa pandemi dengan berbagai kegiatan melalui digital positif.

“Dalam masa pandemi, para orang tua perlu menjadi pribadi yang aktif dan kreatif dalam menciptakan peluang-peluang kegiatan sebagai sarana pembelajaran. Karena selama pandemi remaja bisa saja mengalami kejenuhan di dalam rumah,” ujar Dina pada Webinar Nasional Series The Power of Parenting Batch 8 bertema “Pola Asuh Anak Remaja di Tengah Pesatnya Teknologi Informasi,” Kamis (24/11).

Kegiatan yang bervariasi dan inovasi dapat mengembangkan minat, bakat dan potensi yang dimiliki remaja sehingga dapat menumbuhkan soft skill mereka, ujar Dosen STTIKOM Insan Unggul Cilegon Banten tersebut.

Ia menambahkan, dalam masa pandemi, para orangtua dipaksa untuk tetap menjaga kestabilan keuangan keluarga. Karena itu, tidak sedikit saat ini banyak orang yang memulai membuka usahanya melalui sektor e-commerce, jasa antar makanan, dan sebagainya.dengan memanfaatkan media sosial.

“Melalui media sosial pemasaran dapat dilakukan dengan lebih mudah dan jangkauan yang lebih luas. Di sini orang tua dan remaja dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana entrepreneurhip. Termasuk untuk membuat vlog atau menjadi influencer keluarga,” lanjutnya.

Penggunaan media digital dan teknologi sepeerti itu dapat meningatkan dampak positif, guna mengimbangi dampak negatif jika remaja menggunakannya secara berlebihan dan lepas kendali.

Ia juga mengemukakan perlunya kegiatan bersama dalam keluarga atau happy parenting untuk menjalin komunikasi dan pertemanan yang lebih akrab

Tampil sebagai keynote speaker Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency, serta narasumber  Aida Fitriana, M.Pd (Praktisi Pendidikan dan Ketua Majelis Taklim Pimpinan Wilayah Aisiyah, Bali) dan Dr. Yully E Kusumawardhani, M.Sn (Dosen Pascasarjana Unikom Bandung).

Webinar dibuka oleh Linda Mulyawati, M.Pd. (Head Officer Amal Insani Foundation) dan bertindak sebagai moderator Maya Kuswati, M.Pd. (Dosen Universitas Primagraha). (L/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)