Direktur Timteng. Kemlu. Tegaskan Indonesia Berpihak pada Kemerdekaan Palestina

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI, Bagus Hendraning Kobarsyih, menegaskan kembali bahwa akan terus berpihak pada kemerdekaan dengan menekankan tiga hal.

Bagus menyatakan saat menjadi tamu kehormatan dalam peringatan 59 tahun berdirinya Partai Fatah di Kantor Kedubes Palestina, Jakarta, Sabtu (13/1).

Pertama, katanya, pemerintah Indonesia mendesak Israel menghentikan seluruh bentuk kekerasan terhadap rakyat Palestina. Kedua memberikan izin bantuan kemanusiaan untuk masuk ke Gaza diikuti gencatan senjata permanen.

“Ketiga  adalah saatnya merevitalisasi perundingan perdamaian dan mengatasi akar permasalahan Palestina, bagaimana memperoleh kemerdekaan berdasarkan dua solusi, dengan Yerusalem Timur menjadi ibu kotanya dengan mengacu pada semua parameter internasional,” kata Bagus.

Dia menilai, dalam perkembangan terakhir, Palestina mendapat lebih banyak dukungan dari seluruh belahan dunia. “Ini merupakan kemajuan yang sangat luar biasa. Perjuangan ini harus kita ikuti hingga Palestina memperoleh kemerdekaannya. Dan Yerusalem Timur adalah ibu kota negara tersebut,” jelasnya.

Bagus juga memuji keteguhan, kesabaran dan ketetapan pendirian rakyat Palestina untuk mempertahankan tanah airnya dan mewujudkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsanya.

“Dan sampai saat ini, atas izin Allah, kita melihat betapa kuatnya bangsa palestina dalam menghadapi segala permasalahan, segala yang mengerikan, kehancuran, segala serangan yang dilakukan oleh Zionisme Israel selama hampir mungkin tiga bulan ini dan mereka masih terus berjuang, mereka masih berdiri tegak,” pungkasnya.(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.