Dubes Pakistan: Indonesia Dapat Berperan Besar dalam Penyelesaian Masalah Kashmir

Penyerahan Plakat MINA oleh Pemimpin Umum MINA didampingi Imaam Yaksyallah Mansur kepada Dubes Pakistan Untuk Indonesia Muhammad Hassan (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Duta Besar Pakistan untuk RI Muhammad Hassan mengatakan, Indonesia dapat berperan besar dalam penyelesaian masalah Kashmir.

“Indonesia merupakan negara penting regional, saya yakin Indonesia dapat memainkan peran besar dalam penyelesaian masalah itu (Kashmir),” kata Dubes dalam wawancara dengan Tim wartawan Kantor Berita MINA, di Jakarta, Senin (22/3).

Indonesia,  bukan hanya negara dengan mayoritas Muslim terbesar di Asia Timur dan salah satu anggota Kelompok 20 ekonomi utama (G-20), lanjut Dubes Hassan yang baru mulai bertugas di Indonesia.   

“Oleh sebab itu, apapun pernyataan atau posisi Indonesia akan menjadi perhatian dunia internasional,” katanya.

Selain itu, Indonesia juga mempunyai hubungan baik dengan India maupun Pakistan.

“Dengan begitu, Indonesia bisa memaksa India untuk menghentikan tindakan kekerasannya di Kashmir,” ujarnya.

Menurut Hassan, kondisi Kashmir masih tetap memprihatinkan hingga saat ini, khususnya setelah India pada 2019 mencabut status daerah istimewa yang selama ini diberikan kepada kawasan yang mayoritas penduduknya Muslim tersebut.

Hal tersebut berdampak terhadap krisis keamanan di Kashmir hingga saat ini.

“Banyak warga Kashmir yang ditahan oleh pihak keamanan India,” kata Dubes.

Selain itu, para aktivis serta tokoh juga tidak bisa bersuara dan berbagai lembaga kemanusian tidak bisa menyalurkan bantuan langsung ke wilayah tersebut. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)