Dukung Asian Games, LRT Sumsel Siap Operasi Juli 2018

Jakarta, MINA – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimis Light Rail Transit (LRT) Sumatra Selatan akan selesai dan dioperasikan pertengahan Juli 2018. LRT tersebut rencana akan digunakan untuk mendukung perhelatan akbar .

“Kementerian Perhubungan memastikan tingkat keamanan dan keselamatan dalam pengoperasiannya nanti,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, Ahad (24/6).

Dikutip dari rilis Setkab, Kemenhub telah melakukan serangkaian pengujian sarana dan prasarana LRT pada Mei 2018 dan uji coba dinamis dilakukan pada Kamis (21/6) dari stasiun Jakabaring menuju stasiun Palembang Icon.

Pembangunan LRT Sumatra Selatan, menurut Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, merupakan amanah dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2015 dan Perpres 55 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 116 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit di Provinsi Sumatra Selatan.

“Perpres tersebut menugaskan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, sebagai pelaksana Pembangunan Prasarana Kereta Api Ringan/LRT di Sumatra Selatan serta PT. KAI (Persero) sebagai operator LRT Sumatra Selatan,” kata Zulfikri.

“LRT Sumsel ini akan menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin dengan kawasan Sport City Jakabaring,” tambahnya.

“Selain digunakan sebagai sarana transportasi yang dapat mengurangi beban jalan raya dan penggunaan kendaraan pribadi, juga akan digunakan sebagai alat transportasi untuk perhelatan Asian Games tahun 2018,” pungkas Zulfikri. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.