Dzikir dan Doa Tangkal Corona

oleh: KH. Qomaruddin Basuni, Majelis Qodlo Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dan juga sebagai pengisi Radio Silaturrahim 720 AM, Kalimanggis, Cibubur, Bekasi.

Dalam situasi pandemi ini, umat Islam khususnya dan manusia umumnya diingatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala  melalui Covid-19 ini agar kita kembali kepada Allah dengan bertaubat kepada-Nya serta menjauhi larangan-Nya juga mengadakan introspeksi diri melalui muhasabah serta amalah-amalan yang shaleh.

Oleh karena itu ada beberapa dzikir dan do’a yang harus kita panjatkan kepada Allah, baik dilakukan pada siang hari maupun malam hari, juga ada yang dilakukan setiap bada Shalat fardlu, dan sebagainya. Di antara doa ketika pagi dan sore, yaitu:

(بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ (رواه الترمذي، حسن صحيح

“(Aku berlindung diri) dengan Nama Allah  yang dengan-Nya tidak ada suatu apa pun dapat menimbulkan bahaya baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Ia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (H.R. At-Tirmidzi, Hasan Shahih)

Rasulullah Shallahu Alahi wa Salam menjelaskan dzikir di atas, kata beliau: “Siapa yang membacanya di pagi hari tiga kali akan dijamin keselamatannya dari pagi sampai sore dan siapa yang membacanya sore hari tiga kali, akan dijamin keselamatannya dari sore sampai pagi, berarti dijaminkan keselamatannya 24 jam.”

Dzikir lainnya:

(أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَاخَلَقَ (رواه مسلم

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya. (H.R. Muslim)

Dibaca pagi tiga kali dan sore tiga kali.

 

Dan istighfar 100 kali, sabda beliau:

(يَاأَيُّهَا النَّاسُ تُوْبُوْا إِلَى اللَّهِ فَإِنِّى أَتُوْبُ فِي الْيَوْمِ إِلَيْهِ مِائَةُ مَرَّةً (رواه البخاري

Wahai manusia bertaubatlah kepada Allah, karena sesungguhnya aku bertaubat kepada Allah dalam sehari 100 kali.” (H.R. Bukhari)

Juga sabda beliau pula:

(مَنْ قَالَ: أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ غُفِرَ اللَّهُ لَهُ وَإِنْ كَانَ فَرَّ مِنَ الزَّحْفِ (رواه أبو داود والترمذي والحاكم

“Barangsiapa membaca: Aku memohon ampun kepada Allah Yang Agung, tiada ilah yang wajib disembah kecuali Allah Yang Maha Hidup dan berdiri sendiri, aku bertaubat kepadaNya, niscaya Allah akan mengampuninya meskipun ia lari dari medan perang.” (Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi dan Al Hakim, Shahih)

Doa Ketika Dirinya Sakit

Imam Malik dalam kitab Al-Muwaththo, menulis petunjuk Nabi kepada orang yang sedang sakit:

1. Meletakan tangan kanan pada yang sakit.

2. Membaca basmalah 3 kali

3. Membaca doa di bawah ini 7 kali, yaitu:

(أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ (رواه مالك ومسلم

Aku berlindung kepada Allah dengan ke Maha Perkasaannya dan kekuasaannya dari sakit yang aku rasakan dan aku cemaskan. (H.R. Malik dan Muslim)

Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit

Dalam Sunan Abu Dawud ada tuntunan doa bagi orang yang menjenguk orang sakit, yang mana Rasulullah  bersabda: “Barang siapa membacakanya 7 kali, maka Allah akan mengembalikanya jika tidak sembuh dan wafat, maka wafatnya termasuk husnul khotimah.”

Doa itu adalah:

(أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ (رواه أبو داود

“Aku memohon pada Allah Yang Maha Agung, Robbnya Arsy yang agung, semoga Engkau menyembuhkanya.” (H.R. Abu Dawud, Hasan Shahih)

Demikianlah dzikir dan doa yang kami sampaikan dalam menghadapi ujian pandemi Corona ini. Semoga Allah  menyehatkan kita semua dan Corona 19 segera dicabut oleh Allah  dari muka bumi dan kehidupan manusia kembali normal sebagaimana biasa. Amiin.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

(A/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)