Erdogan: Sistem Kemanusiaan Saat Ini Tidak Pecahkan Masalah

Istanbul, 16 Sya’ban 1437/23 Mei 2016 (MINA) – Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan pada Senin (23/5) menggambarkan bahwa sistem kemanusiaan saat ini tidak memadai untuk memecahkan masalah yang mendesak.

Pada acara KTT Kemanusiaan Dunia pertama di Istanbul, Erdogan mengatakan bahwa hanya negara-negara tertentu yang berbagi beban .

“Sekarang semua orang harus mengambil tanggung jawab atas masalah ini,” katanya, demikian Anadolu Agency memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Presiden Turki mengatakan bahwa kebutuhan untuk krisis meningkat dari hari ke hari, sementara dana tidak ikut meningkat.

“Kami melihat masyarakat internasional cenderung menghindari tanggung jawab dalam beberapa kesulitan dan pembiayaan bantuan,” katanya.

Erdogan mengatakan, Turki adalah negara yang tahu kelemahan itu dan mengalami hal itu dengan cara yang pahit.

Sejauh ini, pemerintah Turki telah menghabiskan sekitar $ 10 miliar bantuan kemanusiaan untuk sekitar 3 juta pengungsi di wilayahnya sejak awal konflik di Suriah, sementara masyarakat internasional menghabiskan hanya sekitar $ 455 juta.

Dia mengatakan bahwa KTT kemanusiaan harus menjadi titik balik dalam pembiayaan bantuan untuk krisis kemanusiaan. (T/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.