Erdogan Tuan Rumah KTT dengan Putin dan Rouhani Bahas Suriah

Pertemuan Presiden Turki, Iran dan Rusia. (Foto: dok. Nahar Net)

Ankara, MINA – Presiden Turki menjadi tuan rumah bagi rekan-rekan Rusia dan Iran-nya pada Senin (16/9) dalam pertemuan puncak terbaru mereka membahas Suriah.

Pembicaraan fokus pada kemajuan pasukan Suriah terhadap benteng terakhir oposisi di Idlib, demikian Nahar Net melaporkan.

Presiden dan akan bertemu dengan Erdogan di ibu kota Turki, Ankara, untuk pertemuan puncak kelima mereka mengenai konflik Suriah.

Iran dan Rusia telah menjadi pendukung setia Presiden Suriah Bashar Al-Assad, sementara Turki menyerukan penggulingannya dan mendukung para pejuang oposisi.

Namun, dengan posisi Assad yang semakin aman, prioritas Turki telah bergeser untuk mencegah terjadinya gelombang besar pengungsi dari Idlib di barat laut Suriah.

Turki prihatin dengan kemajuan terus-menerus pasukan Suriah ke wilayah tersebut, yang didukung oleh kekuatan udara Rusia, meskipun ada serangkaian gencatan senjata yang disepakati.

Turki memiliki 12 pos pengamatan di Idlib untuk menegakkan perjanjian zona penyangga yang dibuat setahun lalu dengan Rusia untuk mencegah serangan Suriah dalam skala penuh. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.