Esport Resmi Jadi Cabor Eksibisi Pertandingan PON Papua

Jakarta, MINA – Ketua Pelaksana Eksibisi Esport , Glorya Famiela Ralahalo mengatakan, Esport secara resmi akan menjadi satu dari 10 cabang olahraga (cabor) yang diberi kesempatan untuk menggelar pertandingan eksibisi dalam ajang PON 2021.

Menurut Glorya, PON 2021 Papua akan menjadi debut bagi cabang olahraga esport. Demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin, (30/8).

Ia pun mengungkapkan ada tiga nomor pertandingan pada cabang olahraga esport, yang sudah pasti akan dimainkan secara “battle royal” di Papua dalam Eksibisi Esport PON 2021 Papua pada akhir September mendatang.

Ketiga nomor pada cabang olahraga elektronik itu, antara lain gim Free Fire, eFootball PES dan Mobile Legends Bang Bang.

“Esport menjadi salah satu dari 10 cabang yang akan mengikuti eksibisi PON 2021 di Papua. Dalam eksibisi tersebut, akan dipertandingkan tiga nomor pertandingan dengan genre berbeda secara ‘battle royal‘, yakni gim Free Fire, Mobile Legends dan eFootball PES,” kata Glorya.

Sementara untuk gim sepak bola, yakni eFootball PES akan dipertandingkan secara perorangan ataupun ganda pada gim konsol.

Untuk pendaftarannya, dibuka secara umum dan siapapun dapat berpartisipasi di dalamnya.

“Pendaftarannya bisa dilakukan secara daring di laman garudaku.com, dan akan diikuti oleh seluruh atlet dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia,” ucap Glorya.

Lebih lanjut, ia menuturkan untuk seleksi atlet esport yang akan mengikuti eksibisi tersebut sudah dilakukan sejak Juli 2021 lalu oleh masing-masing Pengprov ESI yang tersebar di Indonesia.

“Jadi, setiap daerah nanti akan mengirimkan tim atau atlet untuk mewakili daerahnya masing-masing, dan seleksinya ini akan dilakukan di masing-masing provinsi,” ujarnya.

Lokasi pertandingan yang akan digunakan untuk eksibisi esport itu nantinya akan menumpang di arena kriket yang terletak di Doyo Baru, Jayapura.

“Kita sudah melakukan survei lokasinya dan sangatlah layak,” katanya. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)