Tolak Argentina Bertanding di Yerusalem, FIFA Hukum Ketua Asosiasi Sepak Bola Palestina

Zurich, MINA – Federasi Sepakbola Dunia FIFA menghukum Ketua Asosiasi Sepak Bola (FA) Palestina karena memicu kebencian dan kekerasan terhadap bintang sepak bola Argentina .

FIFA melarang Rajoub menghadiri pertandingan sepak bola selama setahun, demikian The New Arab meaporkan.

Pada Juni lalu sebelum Turnamen Piala Dunia, Asosiasi Sepakbola Argentina membatalkan pertandingan pemanasan yang direncanakan melawan Israel di Yerusalem, setelah menghadapi kecaman keras dari aktivis pro-Palestina dan pejabat Palestina.

Liga Arab juga mendesak Argentina membatalkan pertandingan rencananya akan berlangsung di lokasi sebuah desa Palestina di Yerusalem yang dihancurkan dalam perang 1948.

Kala itu, Rajoub telah meminta penggemar sepak bola Palestina dan Arab untuk membakar poster dan kostum Messi jika dia berpartisipasi dalam pertandingan Argentina di Israel.

Asosiasi sepak bola Israel kemudian mengumumkan, pihaknya berencana mengajukan masalah ini kepada FIFA yang menuduh Palestina menekan para pemain dan staf Argentina untuk membatalkan pertandingan persahabatan tersebut.

Komite disiplin FIFA kemudian mengutip komentar Rajoub yang “meminta penggemar sepak bola untuk menargetkan Asosiasi Sepak Bola Argentina dan membakar kaus dan gambar Lionel Messi.”

Rajoub dilarang menghadiri pertandingan sepakbola apa pun dalam kapasitas resmi selama 12 bulan terhitung Jumat (24/8).

Setelah pertandingan persahabatan itu dibatalkan, Federasi Sepakbola Palestina mengucapkan terima kasih kepada Messi dan rekan-rekannya.

“FA Palestina berterima kasih kepada para pemain Argentina yang dipimpin oleh bintang Messi karena menolak digunakan untuk melayani tujuan non-olahraga,” kata pernyataan FA Palestina. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.