Forum India Luncurkan Aplikasi Navigator Haji

Jeddah, 3 Dzulhijjah 1437/5 September 2016 (MINA) – Forum Persaudaraan India (IFF) telah meluncurkan sebuah “Navigator Haji” yang akan memberikan layanan para peziarah tentang arah yang tepat untuk mencapai tujuan di Mina, Makkah dan Aziziyah.

Aplikasi diluncurkan oleh Abdul Khader Khan, Presiden Indian Pilgrim Welfare Forum (IPWF), di restoran lokal di Jeddah pekan lalu, Saudi Gazette melaporkan Senin (5/9).

Khan memuji upaya IFF dan mengatakan aplikasi berbasis android itu akan bermanfaat tidak hanya untuk para peziarah, tetapi untuk semua petugas yang melayani para tamu Allah di Makkah dan tempat-tempat suci lainnya.

Navigator Haji didukung oleh Google Maps dan berdasarkan data dari jalan-jalan di Mina serta rincian akomodasi jamaah haji asal India, serta hotel, rumah sakit dan fasilitas medis di Makkah dan Aziziyah.

Baca Juga:  Dua Polisi Israel Tewas dalam Serangan Drone Hizbullah

Ketika jamaah atau petugas haji menuju lokasi tujuan, mereka akan segera menemukan rute dan jarak dengan perkiraan waktu untuk mencapainya.

Jika peziarah tidak tahu lokasi, dia dapat memilih “lokasi saya” menggunakan GPS, kemudian memberikan tujuan yang akan menandai rute untuk mencapai tujuan bersama dengan jarak dan waktu yang dibutuhkan.

Setelah diunduh dari Google Play Store dan dipasang (install) di ponsel, aplikasi tidak memerlukan koneksi internet untuk menemukan rute.

Presiden Regional IFF Shamsudheen mengucapkan selamat kepada upaya Mohammed Mukhtar dan Omar Hussein, yang bekerja keras untuk mengembangkan aplikasi, memastikan keasliannya dan akurasinya.

Dia juga menghargai kerja sama antara IFF dan IPWF yang dimulai lebih dari satu dekade lalu. (T/P4/P001)

Baca Juga:  Dua Polisi Israel Tewas dalam Serangan Drone Hizbullah

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.